//

PENGARUH KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI GEMPA DAN TSUNAMI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ika mawarni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kesiapsiagaan adalah paradigma baru dalam penanggulangan bencana yang dapat mengurangi korban jiwa, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Masyarakat harus meningkatkan kesiapsiagaan yang tepat guna dan berdaya guna. Pada penelitian ini, Desa Alue Naga dipilih sebagai lokasi secara purposive (sengaja) dengan pertimbangan seluruh wilayah Desa Alue Naga masuk daerah rawan gempa dan tsunami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesiapsiagaan menghadapi gempa dan tsunami terhadap tingkat kecemasan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 13 sampai 26 November 2015. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data diperoleh dari kuesioner dan diolah dengan menggunakan statistik uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil 90 responden (90%) memiliki kesiapsiagaan rendah dan 63 responden (70%) diantaranya memiliki tingkat kecemasan ringan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara kesiapsiagaan menghadapi gempa dan tsunami terhadap tingkat kecemasan masyarakat di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh dengan nilai p=0.864 (p > 0.1) Kata kunci: gempa, tsunami, kesiapsiagaan, kecemasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN KEPALA KELUARGA DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Tasnim Basor, 2018)

PERSEPSI PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA TSUNAMI PADA MASYARAKAT PESISIR BANDA ACEH (Juli Purnama Sari, 2019)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Reza Kurniaty, 2015)

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

PERBEDAAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BERDASARKAN ZONA KERENTANAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (Izzatun Nisa, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy