//

KORELASI INTENSITAS NYERI TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wardatul Bararah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif dengan gejala utama berupa nyeri pada sendi. Nyeri pada Osteoartritis dapat menimbulkan keterbatasan fisik, psikologis, dan sosial yang selanjutnya akan berdampak ke setiap aspek kehidupan sehari-hari termasuk kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi intensitas nyeri terhadap kualitas hidup pasien Osteoartritis lutut di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian bersifat analitik observasional dengan menggunakan rancangan jenis cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan melakukan wawancara terpimpin menggunakan Numeric Rating Scale (NRS) untuk menilai intensitas nyeri dan Arthritis Impact Measurement Scales 2 – Short Form (AIMS2–SF) untuk menilai kualitas hidup. Penelitian dilakukan di Poliklinik Penyakit Dalam Divisi Reumatologi dan Poliklinik Ortopedi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh selama bulan Oktober 2015 – November 2015 terhadap 55 orang subjek penelitian. Hasil penelitian didapatkan 6 orang (10,9%) nyeri ringan, 26 orang (47,3%) nyeri sedang, dan 23 orang (41,8%) nyeri berat. Didapatkan pula bahwa nilai rata-rata kualitas hidup dalah 5,02 yang berarti kualitas hidup tidak baik maupun buruk. Analisa data dengan menggunakan uji korelasi Spearman diperoleh nilai p=0,000 (p < 0,05) dan nilai r = 0,741. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang bermakna antara intensitas nyeri dengan kualitas hidup pasien Osteoartritis lutut dengan arah korelasi positif dan kekuatan korelasi yang kuat. Kata kunci: Osteoartritis lutut, intensitas nyeri, kualitas hidup

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN INTENSITAS NYERI PADA OSTEOARTRITIS LUTUT GRADE III DAN GRADE IV DENGAN TINDAKAN OPERATIF DAN NON OPERATIF DI POLIKLINIK ORTOPEDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ANANDITA PUTRI, 2016)

PERBEDAAN INTENSITAS NYERI PADA OSTEOARTRITISRNLUTUT GRADE III DAN GRADE IV DENGAN TINDAKANRNOPERATIF DAN NON OPERATIF DI POLIKLINIK RNORTOPEDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Anandita Putri, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KADAR SERUM HIGH SENSITIVITY C-REACTIVE PROTEIN DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT TIDAK OBESITAS (dr.DEDDY RIZKI, 2015)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI TERHADAP STATUS FUNGSIONAL PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT GRADE II (Tanziela Firdausi Thahir, 2014)

HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG DAN PANGGUL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dian Islami, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy