//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER YANG TIDAK AKTIF MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI AKHIR MASA STUDI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risa Anggia - Personal Name

Abstrak/Catatan

xii ABSTRAK Kecerdasan emosi pada mahasiswa kedokteran perlu dijadikan isu penting untuk dibahas karena mempengaruhi kecemasan yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental serta akan mempengaruhi aktivitas maupun performa belajar seorang mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan berdasarkan kecerdasan emosi. Jenis penelitian ini adalah analitik observasi dengan pendekatan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan pada bulan September 2015. Pengambilan sampel menggunakan tekn ik random sampling dengan responden berjumlah 78 mahasiswa angkatan 2012 , terdiri dari 27 laki - laki dan 51 perempuan . Kecerdasan emosi diukur menggunakan kuesioner EI yang dibuat dan diolah peneliti berdasarkan teori Goleman, kecemasan diukur menggunakan k uesioner BA - I yang sudah diterjemahkan, kemudian dianalisis dengan uji statistik Spearman Correlation . Hasil analisa data diperoleh signifikansi P(0,000) < P(0,1) menunjukkan kecerdasan emosi memiliki keeratan dengan variabel tingkat kecemasan dengan r hi tung dalam rank correlation bernilai - 0,392 . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kecerdasan emosi yang tinggi cenderung memiliki kecemasan yang ringan. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Kecemasan, Mahasiswa Kedokteran, Tidak Aktif Berorganisasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER YANG TIDAK AKTIF MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI AKHIR MASA STUDI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Risa Anggia, 2016)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEDOKTERAN SEMESTER AKHIR DENGAN DOKTER MUDA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH (Fahmi Abdul Azis, 2016)

SOSIALISASI PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (SUATU STUDI ORGANISASI INTRA KAMPUS UNSYIAH) (ishani, 2016)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL PADA SISWA KELAS 3 SMP DI KOTA BANDA ACEH (Yaniz Arsalan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy