//

KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTSN DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agus Suryadi - Personal Name
SubjectSUPERVISORS
PRINCIPALS (SCHOOL) - ROLE AND FUNCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MTsN DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA Oleh: Agus Suryadi Nim : 1309200050005 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh guru di sekolah, sehingga efektivitas pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah akan mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan kurikulum dan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan supervisi; (2) strategi kepala sekolah melaksanakan supervisi; (3) kebijakan kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervisi; (4) faktor-faktor pendukung dan penghambat supervisi, dan (5) ketercapaian supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Aceh Barat Daya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan kepala sekolah dalam perencanaan program supervisi pengajaran cukup efektif dengan cara menentukan tujuan supervisi, memberi tahukan kelengkapan administrasi yang harus dipersiapkan oleh guru, dan perencanaan supervisi disusun dengan melibatkan semua guru yang dilakukan pada awal tahun ajaran baru; (2) sistem pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah tidak sistematis dan tidak terprogram, sehingga guru-guru tidak merasakan adanya bantuan dari kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran; (3) kebijakan kepala sekolah dalam menindak lanjut hasil supervisi dilakukan dengan membuat pelatihan penyusunan bahan ajar, workshop kurikulum, memberikan motivasi dan masukan terhadap kekurangan-kekurangan pada saat observasi kelas, dan memberikan izin untuk studi lanjutan; (4) faktor penghambatnya meliputi kompetensi supervisi akademik kepala sekolah rendah, fasilitas kurang memadai, dan beban kerja kepala sekolah yang begitu padat, sedangkan faktor pendukungnya yaitu kepala sekolah dan guru memiliki komitmen, motivasi, dan rasa kekeluargaan yang baik; (5) ketercapaian program supervisi belum tercapai secara efektif, sehingga supervisi akademik belum memiliki dampak yang besar untuk membantu guru dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengajaran. Kata kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Kepala Sekolah, dan Profesionalisme Guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMA NEGERI I KUALA BATEE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (AFRIADI, 2016)

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Syukurdi M, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTSN MEUREUDU RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Idawati, 2015)

PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PKN PADA SMP DAN MTSN NEGERI DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Aklima, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (IRAWATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy