//

ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI BERPOTENSI PROBIOTIK DARI IKAN KEURELING (TOR TAMBRA) SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Rahayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ikan keureling (Tor tambra) merupakan ikan perairan air tawar yang terancam punah karena faktor pencernaannya yang kurang baik. Salah satu usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ikan keureling adalah pemberian probiotik pada pakan. Bakteri probiotik yang diisolasi langsung dari induk lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis bakteri berpotensi probiotik dari saluran pencernaan ikan keureling untuk menghasilkan kecernaan pakan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ikan. Parameter yang diamati adalah jumlah isolat bakteri yang berpotensi probiotik berdasarkan uji antibakteri, enzim proteolitik, toleransi pH dan karakteristik isolat bakteri berdasarkan uji morfologi dan uji fisiologi. Hasil penelitian menunjukkan isolat terbaik adalah isolat Krl II yang mampu menghasilkan antibakteri pada ketiga bakteri uji, menghasilkan enzim proteolitik (19,35 mm) dan tumbuh baik pada berbagai pH. Berdasarkan uji morfologi dan fisiologi, isolat Krl II termasuk bakteri family Bacillaceae, genus Bacillus dan species Bacillus sphaericus. Kata kunci: Tor tambra, Probiotik, Bacillus sphaericus

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN BAKTERI BERPOTENSI RNPROBIOTIK KE DALAM PAKAN UNTUK EFISIENSI DAN RNLAJU PERTUMBUHAN BENIH IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) RNLOKAL JANTHO (FADLINA, 2015)

PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KEURELING (TOR TAMBRA) PADA PAKAN YANG MENGANDUNG PROBIOTIK (Tanzil Murdha, 2015)

UJI PENGGUNAAN BAKTERI BERPOTENSI PROBIOTIK KE DALAM WADAH PEMELIHARAAN BENIH IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) LOKAL JANTHO SEBAGAI PENGENDALI KUALITAS AIR. (Syibranul Mullazinur, 2015)

PREVALENSI ENDOPARASIT CESTODA PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN KEURELIENG (TOR SP.) DARI PERAIRAN UMUM DAN KOLAM BUDIDAYA DI KECAMATAN BEUTONG, KABUPATEN NAGAN RAYA (zahrul fuadi, 2014)

DAYA HAMBAT MINUMAN PROBIOTIK YOGHURT SUSU SAPI TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Siti Fadhilla Ananda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy