ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI BERPOTENSI PROBIOTIK DARI IKAN KEURELING (TOR TAMBRA) SECARA IN VITRO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI BERPOTENSI PROBIOTIK DARI IKAN KEURELING (TOR TAMBRA) SECARA IN VITRO


Pengarang

Sri Rahayu - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1108104010047

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Biologi (S1) / PDDIKTI : 46201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ikan keureling (Tor tambra) merupakan ikan perairan air tawar yang terancam punah karena faktor pencernaannya yang kurang baik. Salah satu usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ikan keureling adalah pemberian probiotik pada pakan. Bakteri probiotik yang diisolasi langsung dari induk lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis bakteri berpotensi probiotik dari saluran pencernaan ikan keureling untuk menghasilkan kecernaan pakan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ikan. Parameter yang diamati adalah jumlah isolat bakteri yang berpotensi probiotik berdasarkan uji antibakteri, enzim proteolitik, toleransi pH dan karakteristik isolat bakteri berdasarkan uji morfologi dan uji fisiologi. Hasil penelitian menunjukkan isolat terbaik adalah isolat Krl II yang mampu menghasilkan antibakteri pada ketiga bakteri uji, menghasilkan enzim proteolitik (19,35 mm) dan tumbuh baik pada berbagai pH. Berdasarkan uji morfologi dan fisiologi, isolat Krl II termasuk bakteri family Bacillaceae, genus Bacillus dan species Bacillus sphaericus.
Kata kunci: Tor tambra, Probiotik, Bacillus sphaericus

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK