//

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN STATUS KOGNITIF MENGGUNAKAN METODE MINI MENTAL STATE EXAM (MMSE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazri Adlani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami tekanan darah di atas normal, yang dapat mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang terhambat sampai ke jaringan tubuh. Berkurangnya elastisitas pembuluh darah otak karena peningkatan tekanan darah, lama-kelamaan dapat menyebabkan terganggunya status kognitif seseorang yang menderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hipertensi dengan status kognitif menggunakan MMSE. Jenis penelitian ini adalah observasional study dengan desain cross sectional, pengumpulan data berlangsung dari bulan September hingga November 2015 di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Status kognitif dinilai menggunakan kuesioner MMSE. Besar sampel adalah 60 orang, yang terdiri dari 30 orang responden hipertensi dan 30 orang responden non hipertensi. Responden hipertensi terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa responden hipertensi yang mengalami penurunan status kognitif sebanyak 20 orang (66,7%), sedangkan responden non hipertensi yang mengalami penurunan status kognitif sebanyak 23,3%. Responden hipertensi yang mengalami penurunan status kognitif, terdiri dari 65% perempuan dan 35% laki-laki. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan p value 0,001 dimana p kecil dari 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara hipertensi dengan status kognitif menggunakan metode Mini Mental state Exam (MMSE), dimana mayoritas pasien hipertensi mengalami penurunan status kognitif. Kata kunci: hipertensi, status kognitif, Mini Mental State Exam (MMSE)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STATUS KOGNITIF DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN PADA LANSIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Anita Purnama Sari, 2016)

HUBUNGAN LOKASI DAN LUAS LESI DENGAN NILAI MINI MENTAL STATE EXAMINATION PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI BANDA ACEH (Putri Rahmasari, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI KOGNITIF USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG KOTA BANDA ACEH (Zahriani Ulfa, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT STROKE TERHADAP STATUS KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mafruzah Nanda Putri, 2017)

KAJIAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN HIPERTENSI DENGAN DAN TANPA DIABETES MELITUS TIPE 2 (CUT PUTRI TAQWANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy