//

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN GEJALA DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIZAHAYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah gejala depresi di masa depan pada orang dewasa tua, dan gejala depresi juga dapat mencegah orang dewasa tua dalam melakukan aktivitas fisik secara teratur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan gejala depresi pada lansia. Populasi penelitian ini adalah seluruh lansia yang tinggal di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ulee Kareng, Banda Aceh dengan perolehan besar sampel adalah 32 responden yang diambil secara total sampling. Penelitian dilaksanakan pada 16 sampai 26 Oktober 2015 melalui metode studi analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian, kelompok umur terbanyak adalah kelompok 60-74 tahun (75%). Sebanyak 25% lansia memiliki aktivitas fisik ringan, dan sebanyak 75% lansia memiliki aktivitas fisik sedang, sedangkan sebanyak 15,6% lansia mengalami depresi sedang/berat, 31,3% mengalami depresi ringan dan 53,1% lansia tidak mengalami depresi. Depresi terjadi pada 46,8% lansia. Berdasarkan hasil analisis Kolmogorov-Smirnov didapatkan hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan gejala depresi pada lansia (p value 0,028 (α = 0,05 ); IK 95%). Hasil analisis bivariat didapatkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan gejala depresi pada lansia. Perlu adanya aktivitas fisik yang optimal pada lansia, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya depresi. Kata kunci: Aktivitas fisik, gejala depresi, lanjut usia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN GEJALA DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULIZAHAYANI, 2016)

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

GAMBARAN KOLONISASI CANDIDA ORAL PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Muliana Sari, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

HUBUNGAN SPIRITUAL DENGAN SUCCESFUL AGING PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Zahrul Idami, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy