//

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN OBAT ANTIINFLMASI NONSTEROID DENGAN GEJALA KLINIS DISPEPSIA PADA PENDERITA OSTEOARTRITIS BERDASARKAN GASTROINTESTINAL SYMPTOMS SCORE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dwi Lestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit degeneratif yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi dan tulang disekitarnya. Kerusakan tersebut menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan sendi yang berakibat pada penurunan mobilitas dan terganggunya aktivitas sehari- hari. Penderita OA menggunakan Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS) untuk mengurangi gejala klinis tersebut, dan umumnya digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga sering menimbulkan efek samping terutama pada lambung yang mengakibatkan terjadinya dispepsia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan OAINS dengan beratnya gejala klinis dispepsia pada penderita osteoartritis berdasarkan Gastrointestinal Symptoms Score (GIS) di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional dilakukan pada 63 pasien OA. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Penelitian dilakukan pada 20 responden laki-laki dan 43 responden perempuan dengan kelompok umur terbanyak adalah 50-60 tahun (50,8%), pekerjaan terbanyak adalah ibu rumah tangga (34,9%), derajat OA lutut yang dominan adalah derajat III (65,1%), dan komorbid responden yang terbanyak adalah hipertensi (49,2%). Penggunaan OAINS dan obat gastroprotektif yang sering digunakan adalah meloksikam (47,6%) dan ranitidin (58,7%). Analisis data didapatkan sebesar 22,2% responden mengalami gejala klinis dispepsia derajat ringan, sebesar 33,3% derajat sedang, sebesar 39,7% derajat berat, dan hanya 4,8% responden mengalami dispepsia derajat sangat berat, sehingga dapatkan disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara lama penggunaan OAINS dengan beratnya gejala klinis dispepsia penderita OA berdasarkan Gastrointesinal Symptoms Score (p value = 0,000 dengan α = 0,5). Kata kunci : Dispepsia, GIS, OA, OAINS

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN OBAT ANTI-INFLAMASI NONSTEROID ORAL DAN TIMBULNYA DISPEPSIA PADA PENDERITA OSTEOARTRITIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Reza Arsalan, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2010 (Muhammad Reza, 2016)

HUBUNGAN DEPRESI DAN ANSIETAS DENGAN DISPEPSIA PADA PASIEN RAWAT JALAN KLINIK IMAN MEDAN (AHMAD MUJAHID ANWAR, 2021)

GAMBARAN DIAGNOSIS ENDOSKOPI PADA PENDERITARNDENGAN KELUHAN DISPEPSIA DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dida Eriyani, 2014)

HUBUNGAN SINDROMA DISPEPSIA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Raisha Putri Arsyad, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy