//

ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS DAN KLINIK PRATAMA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIA RAHMAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) mempunyai peran penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi seluruh pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berdasarkan kualitas pelayanan (RATER) pada Puskesmas dan Klinik Pratama di Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan September- Oktober 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling sebanyak 145 responden. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji statistik Independent Samples t- test dan ANOVA. Dari hasil uji Independent Samples t- test pada dimensi kehandalan, keterjaminan, bukti fisik, di peroleh nilai Probabilitas (P) > 0,05 ( p value =0,00) menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan diantara Puskesmas dan Klinik Pratama. Sedangkan perbandingan total tingkat kepuasan pasien diseluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) berdasarkan kualitas pelayanan ( Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness) menggunakan uji ANOVA, memiliki nilai probabilitas (P) < 0,05 (p value =0,000), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kecamatan Johan Pahlawan. Kata Kunci : JKN, Kualitas Pelayanan, RATER, FKTP, Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness, Puskesmas, Klinik Pratama.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (NURUL HADI, 2015)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI KLINIK SUB SPESIALIS BEDAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Suriani, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT YANG BEROBAT TERHADAP MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH 2015 (AHMAD FAKHRAN, 2016)

TINGKAT KEPUASAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SIMPANG TIGA ACEH BESAR (RD Debby Yelastari, 2021)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy