//

PERUBAHAN FONOLOGI KOSAKATA SERAPAN BAHASA BELANDA DALAM BAHASA INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadya Fitri Lestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : kosakata serapan, bahasa Belanda, perubahan fonologi Penelitian ini berjudul “Perubahan Fonologi Kosakata Serapan Bahasa Belanda dalam Bahasa Indonesia”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perubahan fonologi yang terjadi pada kosakata serapan bahasa Belanda dalam bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perubahan fonologi yang terjadi pada kosakata serapan bahasa Belanda dalam bahasa Indonesia. Analisis fonologi dilakukan untuk melihat perubahan bunyi kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Belanda yang terdapat dalam Kamus Kata Serapan yang ditulis oleh Surawan Martinus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah data tulis. Data yang terkumpul diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan atau studi pustaka. Semua data yang diperoleh ditulis untuk memudahkan penulis dalam menganalisis data. Data yang telah dianalisis diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan bentuk perubahan bunyi/fonologi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan perubahan fonologi pada data yang sudah dikumpulkan. Merujuk kepada teori, perubahan bunyi/fonologi meliputi 9 perubahan, yaitu (1) aferensis, (2) apokop, (3) sinkop, (4) merger, (5) metatesis, (6) epentesis, (7) paragog, (8) Protesis, dan (9) perubahan artikulator. Akan tetapi, data yang ditemukan dalam Kamus Kata Serapan yang ditulis oleh Surawan Martinus meliputi 8 bentuk, yaitu (1) aferensis, (2) apokop, (3) sinkop, (4) merger, (5) metatesis, (6) epentesis, (7) paragog, (8) perubahan artikulator.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KOSAKATA DALAM BAHASA JAMEE DAN MINANG (Yunisaridewi, 2014)

ANALISIS KOMPARATIF ANTARA BAHASA JAMEE PERANTAUAN DI BANDA ACEH DAN BAHASA MINANGKABAU BUKITTINGGI PERANTAUAN DI TAKENGON (Novia Erwandi, 2018)

CAMPUR KODE BAHASA INGGRIS DALAM TUTURAN BAHASA INDONESIA PENYIAR SIARAN RADIO OZ ACEH (Fitria Winanda, 2014)

PENGUASAAN KOSAKATA BAKU BAHASA INDONESIARNSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TAKENGONRNACEH TENGAH (mulyadi, 2014)

INTERFERENSI KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM BUKU KUMPULAN SYAIR JAMEUN INTERNET KARYA MEDYA HUS (Hidayatullah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy