//

EFEKTIFITAS FACET JOINT BLOCK TERHADAP INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NBP)KRONIK DIBAGIAN SARAF RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEVI INKHA SAPUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nyeri punggung bawah (NPB) kronik masih merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh dokter. Diperkirakan 80% populasi penduduk di dunia pernah mengalami nyeri punggung bawah (NPB) kronik dan 11% penduduk Indonesia pernah mengalami nyeri punggung bawah kronik. Facet joint block banyak diasumsikan sebagai pilihan terapi nyeri punggung bawah (NPB) kronik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah facet joint block efektif menurunkan intensitas nyeri punggung bawah (NPB) kronik dan perbaikan fungsional pasien NPB. Penelitian ini menggunakan pretest and posttest control group design, dengan responden 45 orang yang diambil secara acak dari 98 pasien nyeri punggung bawah kronik yang menjalani tindakan facet block di bagian/SMF Neurologi RSUDZA Banda Aceh selama tahun 2014-2015, kemudian dievaluasi efektifitas tindakan pada minggu ke 2 dan bulan ke 3 pasca tindakan dengan menggunakan numerical rating scale (NRS) dan Oswestry Disability index (ODI). Data dievaluasi dengan uji T dan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan rerata NRS sebelum terapi (7,06±1,07), rerata 2 minggu pasca tindakan (2,95±1,6) denga nilai p=0,000, rerata 3 bulan pasca tindakan (3,62±2,00) dengan nilai nilai p=0,000. Keberhasilan perbaikan intensitas nyeri 2 minggu pasca tindakan 73,3% dan 3 bulan pasca tindakan 53,3%. Penilaian terhadap nilai ODI menunjukkan 40,04±8,00 pada sebelum terapi, 10,57±5,43 dengan nilai p=0,000 setelah 2 minggu tindakan dan 10,91±8,00 dengan nilai p=0,000 3 bulan setelah tindakan. Keberhasilan perbaikan fusional berdasarkan ODI mencapai 97,8% pada minggu ke 2 setelah tindakan dan 93,3% pada bulan ke 3 setalah tindakan. Dengan demikian, facet block efektif dalam penatalaksanaan nyeri punggung bawah (NPB) kronik berdasarkan peniliaian NRS dan ODI, sehingga facet block dapat menjadi pilihan terapi untuk nyeri punggung bawah (NPB) kronik. Kata kunci : Nyeri Punggung Bawah (NPB) kronik, Facet Joint Block, Numerical Rating Scale (NRS), Oswestry Disability Index (ODI)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI EFEKTIVITAS LUMBAR FACET JOINT BLOCK DALAM PENATALAKSANAAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) KRONIK SETELAH FOLLOW-UP 6 BULAN DAN 12 BULAN DI POLI SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Putri Ufairah, 2017)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH UNILATERAL DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS DAN INTENSITAS NYERI LUTUT KONTRALATERAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RISKA SANTI PUTRI, 2021)

HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA (Bangkit Salam, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadini, 2014)

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLI SARAF RSUDZA BANDA ACEH (FANNIA YASMINE, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy