//

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT FASE AWAL DENGAN KONVERSI SPUTUM BTA PADA PASIEN TUBERKULOSIS DI POLIKLINIK PTT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luthfi Lazuardi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis merupakan penyakit dengan jangka waktu pengobatan yang lama dan menimbulkan banyak efek samping. Hal ini sering menyebabkan pasien untuk berhenti dan tidak patuh minum obat sesuai jangka waktu yang ditentukan. Kepatuhan minum obat merupakan faktor penting dalam keberhasilan terapi obat anti tuberkulosis (OAT). Salah satu indikator keberhasilan terapi adalah adanya konversi sputum BTA dari positif menjadi negatif setelah pengobatan fase awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat fase awal dengan konversi sputum BTA pada pasien tuberkulosis di poliklinik PTTRSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Cross sectional. Subjek penelitian terdiri atas 47 pasien di poliklinik PTT RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang diperolehdengan metode total sampling terhitung dari Januari sampai dengan Desember 2014. Hasil uji statistik Chi-square menunjukan nilai p=0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENINGKATAN BERAT BADAN FE4NGAN KONVERSI SPUTUM PADA PASIEN TUBERKULOSIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Yaum Aamruna, 2014)

PERBANDINGAN GAMBARAN KONVERSI SPUTUM BTA DAN FOTO TORAKS PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN DIABETES DAN NON DIABETES DI POLI DOTS RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rika Heldiana, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT)DI RSUD DR. HUSNI THAMRIN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL (Rolan Ronaldo, 2018)

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

ANALISIS PREDIKTOR KETERLAMBATAN KONVERSI SPUTUM PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (Tiara Merdeka Putri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy