//

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Aidil Fiqri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masalah kesehatan yang dihadapi pada perkembangan zaman menuju era modern dipicu karena telah terjadinya perubahan gaya hidup masyarakat seperti, pola makan rendah serat, tinggi lemak, konsumsi garam dan gula yang berlebihan, kurang aktifitas fisik, dan konsumsi rokok. Merokok adalah menghisap tembakau yang dibakar ke dalam tubuh dan menghembuskannya kembali keluar. Menurut World Health Organization (WHO), perilaku merokok merupakan masalah kesehatan yang serius disetiap belahan dunia, karena mengandung 4000 bahan kimia yang berbahaya dan berhubungan dengan kejadian 25 penyakit di tubuh manusia. Selain itu juga terdapat 60 zat diantaranya yang bersifat karsinogenik.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup dengan perilaku merokok pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala.Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional, yang dilakukan pada bulan Agustus – September 2015 dengan jumlah reponden 40 orang. Hasil analisis komparasi dengan uji chi-square menunjukan p value< 0,05. Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara variabel gaya hidup (opini, minat, dan aktivitas) dengan perilaku merokok pada mahasiswa kedokteran. Dari dari ketiga komponen gaya hidup tersebut, yang paling berpengaruh adalah komponen aktivitas dengan p value 0,002. Kata Kunci: Gaya hidup, Perilaku Merokok, Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Aidil Fiqri, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN PENGALAMAN BENCANA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (T. YURIZAL NOVANDI, 2016)

HUBUNGAN ANTARA MEROKOK DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SANDO P MALAU, 2017)

PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA MEROKOK DAN TIDAK MEROKOK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Berlian Miza, 2016)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA PRIA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Ahmad Mujiburrahim, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy