//

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRIH HUTAN (PIPER ADUNCUM LINN.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BOY TRI JANPITER - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nyamuk Aedes aegypti merupakan vektor penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) yang sampai saat ini masih menimbulkan masalah kesehatan di Indonesia dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan mortalitas dan morbiditas DBD adalah dengan memberantas larva nyamuk Aedes aegypti pada stdium instar III dengan menggunakan larvasida tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas ekstrak metanol daun sirih hutan (Piper aduncum LINN.) terhadap mortalitas larva Aedes aegypti instar III serta menentukan LC50 dan LC99. Penelitian eksperimental ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 kali ulangan. Konsentrasi yang dipakai adalah konsentrasi 250 ppm, 500 ppm, 1000 ppm dan 2000 ppm, kontrol positif (abate 1 ppm) dan kontrol negatif (aquades). Hasil penelitian didapatkan mortalitas larva Aedes aegypti 100% diperoleh pada konsentrasi 2000 ppm yaitu pada jam ke 12. Uji Duncan menunjukkan perlakuan pada masing-masing konsentrasi berbeda nyata dengan kontrol negatif namun tidak berbeda dengan kontrol positif. Analisa Probit menunjukkan nilai LC50 pada perlakuan adalah 470,655 ppm dan LC99 adalah 1421,832 ppm. Kesimpulan penelitian ini didapat bahwa ekstrak metanol daun Piper aduncum LINN. efektif terhadap mortalitas larva Aedes aegypti instar III. Kata Kunci: Aedes aegypti, DBD, larvasida, Piper aduncum LINN.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI LARVASIDA EKSTRAK METANOL DAUN ZODIA (EVODIA SUAVEOLEN SCHEFF) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (Muhammad Satria, 2015)

PENGARUH EKSTRAK METANOL DAUN TAPAK KUDA (IPOMEA PES-CAPRAE) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI (Said Almukhsin, 2013)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BUNGA TEMBELEKAN (LANTANA CAMARA LINN.) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. INSTAR III (Nuriah, 2015)

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN KENIKIR (TAGETES ERECTA L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (ARRA M PUTRA, 2017)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SEMBUKAN (PAEDERIA FOETIDA L.) SEBAGAI PESTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI (SITI PRATIWI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy