//

HUBUNGAN KECEMASAN TENTANG EFEK SAMPING TERHADAP KEPATUHAN KUNJUNGAN ULANG AKSEPTOR AKDR DI KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Revita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan kontrasepsi AKDR tidak jarang menimbulkan efek samping berupa perdarahan, keputihan, nyeri, ekspulsi dan translokasi. Efek samping tersebut dapat menimbulkan kecemasan dan dapat dicegah dengan melakukan kunjungan ulang untuk mengetahui letak AKDR. Kepatuhan dalam melakukan kunjungan ulang dipengaruhi oleh depresi, kecemasan dan status psikologi dari akseptor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan tentang efek samping terhadap kepatuhan kunjungan ulang akseptor AKDR di Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Penelitian analitik observational dengan pendekatan cross sectional ini dilaksanakan pada tanggal 15 September hingga 16 November 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik total sampling. Data diperoleh melalui wawancara langsung oleh peneliti kepada akseptor AKDR. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini didapatkan akseptor AKDR yang mengalami kecemasan tentang efek samping berjumlah 9 orang dengan 6 diantaranya patuh melakukan kunjungan ulang. Sedangkan akseptor AKDR yang tidak cemas tentang efek samping berjumlah 36 orang dengan 28 orang diantaranya tidak patuh dalam melakukan kunjungan ulang. Nilai p-value yang didapatkan adalah 0,01 yang bermakna bahwa terdapat hubungan kecemasan tentang efek samping terhadap kepatuhan kunjungan ulang akseptor AKDR di Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Kata kunci : Kecemasan tentang Efek Samping, Kepatuhan Kunjungan Ulang, Akseptor AKDR

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENERIMAAN AKSEPTOR KB TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fauzan, 2018)

HUBUNGAN PENERIMAAN AKSEPTOR KB TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fauzan, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) PADA WANITA USIA SUBUR DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rizki Rahma Sari, 2015)

DETERMINAN KEPATUHAN MEDIKASI PADA AGGREGATE DEWASA DENGAN HIPERTENSI DI KOTA LHOKSEUMAWE (ZULKARNAINI, 2020)

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KONTRASEPSI DEPO MEDROKSIPROGESTERON ASETAT (DMPA) DENGAN OBESITAS (Suciana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy