//

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MELALUI KEGIATAN OBSERVASI DI BMKG INDRAPURI PADA SISWA SMAN 1 INDRAPURI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Observasi BMKG, Prestasi Belajar, Geografi Penelitian ini berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Geografi melalui Kegiatan Observasi di BMKG Indrapuri Pada Siswa SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, keterampilan gurudan respon siswa terhadap pembelajaran melalui kegiatan observasi di BMKG Indrapuri Aceh Besar.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan serta 1 orang guru kelas sebagai pengamat. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatanoservasipada BMKG dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasX di SMA Negeri 1 Indrapuri dalam pembelajaran geografi padamateri cuaca dan iklim. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual, mulai dari siklus I dari 20 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas atau sekitar 60 persen dan siklus II dari 20 siswa terdapat 19 orang siswa yang mencapai ketuntasan atau sekitar 90 persen. Aktivitas guru pada siklus I banyak kegiatan yang pelaksaan pembelajaran belum sesuai dengan waktu yang ditetapkan, terutama pada kegiatan inti dan pemberian pre-test dan post-test. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa sudah lebih baik dari siklus pertama, hal ini terlihat dari persentase pelaksaan dengan waktu yang diterapkan telah sesuai. Kemampuan guru dalam melakukan kegiatan oservasi pada BMKG selama siklus I hingga siklus II, mengalami peningkatan yaitu dapat dikategorikan sedang dengan perolehan skor 2,4 dan dapat dikategorikan baik dengan perolehan skor 3,39.Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap kegiatan observasi di BMKG Indrapuri. Hal ini dikarenakan siswa dapat belajar secara aktif dan dapat melakukan pengamatan secara langsung megenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan di BMKG

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI IPS PADA SMAN 1 INDRAPURI RNKABUPATEN ACEH BESAR (MAULINA, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINGKAH LAKU SISWA TENTANG BAHAYA KELEBIHAN MENGKONSUMSI MINUMAN BERSODA DI SEKOLAH MAN INDRAPURI DAN SMAN 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Intan Nanda Kusuma, 2015)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Alqinafaizi, 2015)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN RNSOSIAL DI ASIA TENGGARAKELAS VI SDNEGERIRNMESALEE INDRAPURI (Indri Yanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy