//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA PERIODE NOVEMBER 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ichsan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asma adalah sakit sesak nafas akibat adanya penyempitan saluran nafas, penyakit ini tidak dapat disembuhkan melainkan hanya dikontrol kekambuhannya sehingga menimbulkan dampak fisik maupun psikologis pada individu yang mengalaminya. Individu cenderung sulit untuk menerima keadaan diri ketika didiagnosa mengalami suatu penyakit kronis. Dukungan sosial keluarga tentu sangat dibutuhkan untuk menghadapi situasi sulit yang dihadapi oleh individu yang mengalami asma. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kontrol asma. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian non eksperimental (observational) yang bersifat analitik dengan desain cross sectional survey. Pengambilan sampel dilakukan di Poliklinik Paru Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan menggunakan metode non probability sampling yaitu accidental sampling yang dilakukan pada bulan November – Desember 2015. Jumlah responden adalah 69 orang. Seluruh penderita asma diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi identitas dan melakukan wawancara terpimpin untuk menilai dukungan keluarga dengan menggunakan kuesioner Family Apgar, sedangkan untuk penilaian tingkat kontrol asma dinilai dengan menggunakan kuesioner Asthma Control Test (ACT). Data diuji dengan uji chi-square dengan signifikan α = 0,05 atau 95%. Berdasarkan hasil penelitian, dari 69 responden terdapat 28 responden yang mengalami tingkat kontrol asma tidak terkontrol didasari oleh dukungan keluarga yang kurang sehat (23,4%) dan 17 responden mengalami tingkat kontrol asma terkontrol sebagian didasari oleh dukungan keluarga yang sehat (17,0%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan tingkat kontrol asma (p. = 0,000

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN PENGOBATAN DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PASIEN ASMA PERSISTEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Sylvia Heriana, 2016)

HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PENDERITA ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (FADLY HARIZULHAKIM, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA PERIODE NOVEMBER 2015 (ichsan, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN PENGOBATAN ASMA BERDASARKAN MMAS-8 DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN ASMA PERSISTEN DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Rayyan Fitri, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit Waladi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy