//

VARIASI SUHU PERMUKAAN LAUT (SPL) DAN SALINITAS DI TELUK THAILAND PADA TAHUN 2006 - 2010

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZA CAESAR LISTA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini fokus pada mendeskripsikan sirkulasi suhu permukaan laut (SPL) dan salinitas permukaan laut (SSS) pada Teluk Thailand selama tahun 2006 – 2010 menggunakan model numerik 3 dimensi. Model numerik yang digunakan adalah Hamburg Shelf Ocean Model (HAMSOM) dalam grid Δy = Δx = 10 menit. Berdasarkan hasil model perubahan SST dan SPL pada tahun 2010 dibedakan musim yaitu musim panas, musim dingin, musim hujan,dan akhir dari musim hujan. Pada musim panas (April-Mei) kondisi SST mencapai 30°C dan SSS mencapai 32 psu. Tingginya evaporasi dan pemanasan menyebabkan SST dan SSS pada musim panas meningkat. Pada musim dingin (Desember-Maret) kondisi SST dan SSS berkisar 28°C dan 31 psu. Pada musim hujan terjadi (Agustus-Oktober) SST mencapai 29°C dan SSS mencapai 31 psu. Dan akhir musim hujan terjadi (November-Desember) SST mencapai 26,8-28,6°C dan SSS mencapai 31-32 penurunan SPL dan SSS disebabkan Laut Cina Selatan. Akibat pengaruh angin barat yang membawa uap air dari Samudera Hindia menyebabkan curah hujan pada Teluk Thailand menjadi relatif lebih tinggi. Sehingga faktor ini menyebabkan SST dan SPL menjadi turun. Pengaruh uap air dari Laut Andaman terhadap curah hujan di Teluk Thailand cenderung lebih tinggi dari pada dari Laut Cina Selatan. Perubahan SST dan SPL selain dipengaruhi oleh faktor di atas juga dipengaruhi oleh keberadaan beberapa sungai di sekitar Teluk Thailand. Kata Kunci: HAMSOM, Suhu Permukaan Laut, salinitas, musim, Teluk Thailand.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI PENGARUH ELEVASI MUKA LAUT DAN ANGIN TEORITIS TERHADAP SIRKULASI ARUS DI TELUK THAILAND MENGGUNAKAN MODEL 2D (ADLIANSYAH, 2016)

ANALISIS NILAI SUHU DAN SALINITAS DI PERMUKAAN LAUT ANDAMAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMODELAN PROBE (Zulkifli, 2015)

ANALISIS SUHU MUKA LAUT SIKLON TROPIS DI TELUK BENGGALA SELAMA 15 TAHUN (1998-2013) (Firrizqi Mulia M, 2014)

SIMULASI NUMERIK PASANG SURUT KOMPONEN M2 DI PERAIRAN TELUK THAILAND (KHAIRIL ANWAR, 2020)

PEMODELAN SUHU PERMUKAAN LAUT MELALUI PENDEKATAN GENERALIZED ADDITIVE MIXED MODELS (Rifa Atul Humaira, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy