//

HUBUNGAN HOME VISIT PERAWAT DENGAN KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM PERAWATAN HALUSINASI PADA PASIEN SCHIZOPHRENIA DI PUSKESMAS DEWANTARA DAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERSIDA - Personal Name
SubjectFAMILY
PSYCHIATRIC NURSING
HALLU CINATIONS
MENTAL DISORDER - NURSING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN HOME VISIT PERAWAT DENGAN KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM PERAWATAN HALUSINASI PADA PASIEN SCHIZOPHRENIA DI PUSKESMAS DEWANTARA DAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA Oleh: Ersida NIM: 1309200180008 Komisi Pembimbing: Dr. Hermansyah, SKM, MPH Dr.dr.Endang Mutiawati R, Sp.S (K) ABSTRAK Diperkirakan 70% dari pasien Schizophrenia mengalami halusinasi sebagai salah satu gejala positifnya. Diantara upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim kesehatan di Puskesmas Dewantara dan Nisam untuk memberikan pelayanan kesehatan adalah kegiatan home visit bagi penderita gangguan jiwa di komunitas. Kegiatan home visit yang dilakukan terdiri dari client engagement, client assessment dan client teaching. Namun kegiatan ini secara khusus belum pernah dilakukan evaluasi efektifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan home visit dengan perawatan halusinasi pada pasien Schizophrenia di Puskesmas Dewantara dan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Penelitian kuantitatif survey analitik dengan menggunakan desain cross-sectional ini dilakukan sejak tanggal 20 Agustus sampai dengan 20 November 2015 pada 108 orang anggota keluarga pasien sebagai sampel yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan 66.7% kegiatan home visit perawat aktif dan 66.7% perawatan halusinasi dilakukan secara mandiri. Terdapat hubungan antara home visit perawat yang aktif dengan kemandirian keluarga dalam perawatan halusinasi pada pasien Schizophrenia (p=0.000). Terdapat hubungan antara kegiatan client engagement yang aktif dengan kemandirian keluarga dalam perawatan halusinasi pada pasien Schizophrenia (p=0.000). Terdapat hubungan antara kegiatan client assessment yang aktif dengan kemandirian keluarga dalam perawatan halusinasi pada pasien Schizophrenia (p=0.003). Terdapat hubungan antara kegiatan client teaching yang aktif dengan kemandirian keluarga dalam perawatan halusinasi pada pasien Schizophrenia (p=0.000). Disarankan kepada keluarga agar dapat memanfaatkan kegiatan home visit sebagai sarana belajar dan memperoleh informasi, serta konsultasi terkait perawatan halusinasi pada pasien Schizophrenia dan kepada institusi pendidikan keperawatan agar dapat mengintegrasikan kegiatan home visit dalam kegiatan praktik keperawatan komunitas sebagai salah satu bentuk intervensi keperawatan yang berbasis bukti. Kata kunci: . Home visit, Kemandirian Keluarga, Perawatan halusinasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM PEMULIHAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Cut Putri Meliza, 2017)

HUBUNGAN HALUSINASI PENDENGARAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJ BANDA ACEH (Wahyuni Fitri, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEJADIAN RELAPS PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Merysia Karmila, 2015)

LAMA HARI RAWATAN PADA PASIEN DENGANRNHALUSINASI DI RUANG INTERMEDIATERNBADAN LAYANAN UMUM DAERAHRNRUMAH SAKIT JIWA ACEH (HAYATON RAHMAH, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEBAN KELUARGA DALAM MERAWAT KLIEN GANGGUAN JIWA DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Alfiandi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy