//

PENGARUH PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN MENJALANI NEUROREHABILITASI PADA PASIEN PASCA STROKE DI UNIT REHABILITASI MEDIK RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Chaira - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stroke adalah kehilangan fungsi otak karena adanya gangguan peredaran darah otak, sehingga penderita akan mengalami kelumpuhan atau kematian. Perubahan pasca stroke akan mengarah ke keterbatasan fisik yang akan menjadi bentuk kecacatan dan menyebabkan citra diri penderita terganggu, tidak produktif, ketergantungan dengan orang lain. Upaya yang dapat dilakukan adalah program neurorehabilitasi meliputi terapi fisik dan latihan untuk mengontrol gerakan pasien guna mencegah kekakuan dan imobilisasi. Penelitian yang dilakukan di RSUP.DR. M.Djamil, menyatakan ada beberapa variabel yang berpengaruh terhadap kepatuhan penderita pasca stroke menjalani program neurorehabilitasi, yaitu pengetahuan, dukungan, dan motivasi keluarga pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan menjalani neurorehabilitasi pada pasien pasca stroke di unit rehabilitasi medik RSUDZA. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan pengambilan sampel secara accidental sampling sebanyak 40 responden pada bulan Oktober hingga November 2015. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney didapatkan p-value 0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN TENTANG REHABILITASI MEDIK TERHADAP PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Islah Nadila, 2019)

HUBUNGAN DEPRESI PASCA STROKE DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN REHABILITASI MEDIK (Intan Purnamasari, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS RNHIDUPPASIEN STROKE DI RUANG REHABILITASI MEDIK RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (EKA SUNNIATI, 2014)

HUBUNGAN KEPATUHAN TERAPI REHABILITASI MEDIK DENGAN LINGKUP GERAK SENDI PADA PASIEN FRAKTUR DI RSUDZA BANDA ACEH (ALDA OLIVIA CHAMISA, 2020)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (FAHRIZAL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy