//

PENGARUH KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fathiya Salsabila - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : materi perbandingan, keaktifan, hasil belajar, pendekatan realistik Materi perbandingan merupakan materi matematika yang wajib di ikuti oleh siswa SMP kelas VII semeter ganjil. Pembelajaran guru selama ini cenderung membuat siswa kurang aktif dan tidak keseriusan belajar. Pembelajaran dapat efektif apabila melakukan aktivitas diantaranya membaca, bertanya, menjawab, berdiskusi, mengerjakan tugas, presentasi dan mengkaitkan dengan kehidupan. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan realistik. Dengan Pendekatan Realistik membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Peneliti mengangkat masalah apakah ada pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa melalui pendekatan realistik pada materi perbandingan di kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa melalui pendekatan realistik pada materi perbandingan di kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one-shot case study. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random yaitu kelas VII-5 di SMPN 6 Banda Aceh dengan jumlah siswanya 28 siswa dan 1 orang pindah sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Diakhir pertemuan peneliti memberi tes kepada siswa dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal. Selama pembelajaran siswa diobservasi aktivitasnya oleh obsever 3 menit sekali. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment menunjukkan nilai r hitung 0,75075 artinya hubungannya kuat. Hasil uji hipotesis dengan uji t memperoleh thitung sebesar 5,6823 lebih besar dari ttabel (2,060) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa t hitung jatuh pada daerah Penolakan Ho, maka dapat dinyatakan bahwa korelasi antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,75075 adalah siginfikan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keaktifan siswa, maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Kesimpulannya adalah ada pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar siswa melalui Pendekatan Realistik pada materi Perbandingan di kelas VII SMPN 6 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGURANGAN DI KELAS II SDN 62 BANDA ACEH (Ovriani, 2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Syarifah Wardiana, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SDN 20 BANDA ACEH (Tri Hardianti, 2013)

PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Yulisnawati, 2017)

KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Debby Octavia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy