//

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SOSIALISASI DAN PERHATIAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Fachry Amri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Angka pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN di Puskesmas Kopelma Darussalam masih rendah yaitu 125 per 1000 jumlah penduduk. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah pengetahuan. Pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN merupakan kunci keberhasilan program JKN. Mengingat pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan penting dalam pelaksanaan program JKN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, sosialisasi dan perhatian masyarakat dengan pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Oktober-November 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling sebanyak 100 kepala keluarga. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan sedang antara tingkat pendidikan (p value= 0,000) (〖 r〗_S=0,435), sosialisasi (p value= 0,000) (〖 r〗_S=0,495) dan perhatian (p value= 0,000) (〖 r〗_S=0,472) dengan pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan sedang antara tingkat pendidikan, sosialisasi dan perhatian masyarakat dengan pengetahuan pemaanfaatan pelayanan kesehatan program JKN di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam. Dimana Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin baik pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN, semakin baik sosialisasi yang diterima maka semakin baik pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN dan semakin tinggi perhatian maka semakin baik pengetahuan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN. Kata kunci : Pengetahuan pemanfaatan, Sosialisasi, Perhatian, Tingkat pendidikan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMBAGIAN DANA KAPITASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DAN MOTIVASI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KINERJA DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALLAM BANDA ACEH (Ridwan, 2016)

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (NURUL HADI, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (dewi sartika saragih, 2015)

ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS DAN KLINIK PRATAMA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (AULIA RAHMAN, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT YANG BEROBAT TERHADAP MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH 2015 (AHMAD FAKHRAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy