//

HUBUNGAN KEPATUHAN PENGOBATAN DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PASIEN ASMA PERSISTEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sylvia Heriana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asma merupakan penyakit respiratorik yang sering ditemukan dan menjadi masalah di masyarakat dan memerlukan pemilihan serta penggunaan obat yang tepat untuk mengurangi frekuensi serangan asma. Salah satu upaya mengurangi frekuensi serangan asma guna mencapai keberhasilan terapi yaitu dengan meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengkosumsi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan pengobatan dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma persisten rawat jalan di Poliklinik Paru RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian terdiri dari 59 pasien asma persisten di Poliklinik Paru RSUDZA Banda Aceh yang diperoleh dengan teknik purposive sampling terhitung dari 15 September sampai dengan 4 November 2015. Penilaian kepatuhan pengobatan asma dengan menggunakan Morisky Medication Adherence Scales 8 (MMAS-8) dan tingkat kontrol asma dinilai dengan Asthma Control Test (ACT). Hasil analisis data menggunakan uji statistik Spearman(Confident Interval 95%; α = 0,05) didapatkan p value = 0,000 (p < α) dan r = 0,85, menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan pengobatan asma dengan tingkat kontrol asma, dengan kekuatan korelasi sedang dan arah korelasi positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan pengobatan dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma persisten rawat jalan di Poliklinik Paru RSUDZA Banda Aceh. Kata Kunci: Asma persisten, Kepatuhan Pengobatan, Tingkat Kontrol Asma, MMAS-8, ACT

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN PENGOBATAN ASMA BERDASARKAN MMAS-8 DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN ASMA PERSISTEN DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Rayyan Fitri, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2014)

HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PASIEN ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA KOTA BANDA ACEH (Suci Rahmi, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit waladi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy