//

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT TIKUS JANTAN (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR HIPERURISEMIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nasrullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Daun salam (Eugenia polyantha) secara empiris memiliki beberapa efek terapeutik, seperti antiinflamasi, analgesik, dan antimikroba. Daun salam mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai inhibitor enzim xantin oksidase dan antioksidan untuk radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis ekstrak etanol 70% daun salam yang paling efektif terhadap penurunan kadar asam urat. Penelitian ini menggunakan tikus jantan (Rattus norvegicus) galur wistar yang diinduksi asam uratnya dengan pemberian jus hati ayam. Hewan uji yang digunakan sebanyak 25 ekor dibagi dalam 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, positif, dan kelompok perlakuan dosis 150 mg/kg BB, dosis 200 mg/kg BB, dosis 250 mg/kg BB. Penelitian ini merupakan eksperimen laboratorik menggunakan rancangan pretes postes dengan kelompok kontrol, dimana pengelompokan dilakukan berdasarkan rancangan acak lengkap. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji ANOVA dan LSD (Least significantly difference) untuk membandingkan antar kelompok. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar asam urat pada kelompok kontrol positif dan kelompok perlakuan dibandingkan dengan kontrol negatif tetapi penurunan kadar asam urat pada kelompok kontrol positif dan perlakuan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kata kunci : Asam urat, daun salam, hati ayam, tikus

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH TIKUS JANTAN (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR (Muhammad Reva Florean, 2016)

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

ANTIOKSIDAN DAN ANTIDIABETES DARI EKSTRAK ETANOL KULIT ASAM KUMBANG (MANGIFERA QUADRIFIDA JACK) PADA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR (Febby Dara Pratiwi, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT SERUM TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Muharrani, 2016)

EFEKTIVITAS EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR KONDISI HIPERURISEMIA (GILANG WIDRATAMA P, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy