//

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEPARAHAN HIPERTIROIDISME TERHADAP PENINGKATAN TEKANAN DARAH DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firdawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hipertiroidisme (keadaan kelenjar tiroid yang terlalu aktif) adalah sebuah kondisi dimana hormon tiroid diproduksi secara berlebihan dan mempengaruhi sistem hemodinamik. Hipertiroidisme meningkatkan tekanan darah sistolik dengan menurunkan resistensi sistemik vaskular, meningkatkan denyut jantung dan juga meningkatkan curah jantung. Dalam diagnosis hipertiroidisme hasil laboratorium FT4 sering digunakan untuk menilai keparahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai hubungan keparahan hipertiroidisme dengan peningkatan tekanan darah sistolik pada penderita hipertiroidisme. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 33 sampel diambil secara accidental sampling pada bulan November 2015 di Poli Klinik Endokrin Metabolik Diabetes RSUDZA Banda Aceh. Tingkat keparahan hipertiroidisme berdasarkan hasil laboratorium FT4 kemudian dikelompokan dalam tingkat normal, mild, moderate dan severe. Untuk nilai tekanan darah yang didapatkan dari hasil rekam medis pasien. Hasil perhitungan 33 sampel hipertirodisme memiliki rata-rata tekanan darah sistolik (±SD) 129,7±9,18 mmHg dan rata-rata tekanan darah diastolik (±SD) 81,82±4,64 mmHg. Analisis hubungan tingkat keparahan hipertiroidisme terhadap peningkatan tekanan darah sistolik menggunakan Uji Spearman menunjukkan hasil (p=0,002) dengan nilai koefisien korelasi 0,529. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan tingkat keparahan hipertiroidisme terhadap peningkatan tekanan darah dengan nilai signifikan (p value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN HIPERTIROIDISME TERHADAP GANGGUAN MENSTRUASI DI RSUDZA (Nariska Putri, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN PSORIASIS DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN PSORIASIS DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUDZA BANDA ACEH (Nurul Maghfirah, 2019)

APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK MENDIAGNOSIS TINGKAT KEPARAHAN PENYAKIT JANTUNG (STUDI KASUS DI RSUDZA BANDA ACEH) (izazi, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

HUBUNGAN GULA DARAH PUASA DAN POSTPRANDIAL DENGAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ENTAN NABILA KASDY, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy