//

KESULITAN SISWA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS DI KELAS XII SMA NEGERI 1 DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAJAR SRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : kesulitan siswa, komposisi fungsi dan fungsi invers Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers merupakan salah satu materi wajib diikuti oleh siswa MA/SMA kelas XI semester genap. Materi ini juga merupakan lanjutan dari materi Relasi dan Fungsi yang dipelajari di kelas X. Oleh karena itu, siswa harus menguasai konsep dasar untuk dapat memahami dengan baik materi lanjutan. Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan selama menjadi guru PPL di SMA Negeri 1 Darussalam, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan pada materi komposisi fungsi dan fungsi invers. Dalam hal ini peneliti melihat ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan tepat. Oleh karena itu, penulis telah melakukan penelitian dengan judul “Kesulitan Siswa pada Materi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers di Kelas XII SMA Negeri 1 Darussalam”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apakah yang dialami siswa kelas XII SMAN 1 Darussalam dalam menyelesaikan soal-soal Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers serta penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas XII SMAN 1 Darussalam dalam menyelesaikan soal-soal Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 1 Darussalam berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) kesulitan yang dialami siswa kelas XII IPA dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi dan fungsi invers adalah kesulitan dalam menggunkan konsep dan kesulitan dalam menggunakan prinsip. Hal ini sesuai dengan indikator kesulitan yang dikemukakan oleh Cooney, (2) Penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas XII IPA dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi dan fungsi invers adalah: rendahnya pemahaman siswa pada materi prasyarat, konsep fungsi, komposisi fungsi, dan fungsi invers dari fungsi komposisi, serta ketidakmampua siswa dalam mengembangkan konsep yang telah ada seperti konsep aljabar yang dibutuhkan dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi dan fungsi invers. Hal ini juga didukung karena kurangnya perhatian dan keseriusan belajar dan siswa juga jarang melakukan bimbingan pemantapan dengan melatih soal-soal komposisi fungsi dan fungsi invers.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA RNMATERI FUNGSI INVERS DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (LARAS WULANSARI, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA MAN BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2012/2013 (Asniar, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Tengku Hafinda, 2014)

KESULITAN SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Septiya Wulandari, 2015)

KONTRIBUSI MATERI RELASI DAN FUNGSI TERHADAP FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Agustina Muliyana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy