//

PENGARUH EKSTRAK ETANOL KACANG KEDELAI (GLICYNE MAXX (L.) MERR.) TERHADAP PEMBENTUKAN LEBAR KALUS PADA PROSES PENYEMBUHAN FRAKTUR TULANG PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fikri Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fraktur termasuk salah satu masalah kesehatan utama yang sering terjadi dan pengobatanya yang kompleks serta mahal. Salah satu fase penyembuhan fraktur adalah pembentukan kalus. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi penyembuhan tulang adalah Estrogen. Kacang kedelai merupakan tanaman yang memiliki kandungan isoflavon yang bersifat fitoestrogen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ekstrak kacang kedelai terhadap penyembuhan fraktur tulang yang diberikan kepada hewan coba tikus wistar yang dinilai dari pembentukan kalusnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan metode Posttest Only Control Design. Hewan coba yang digunakan sebanyak 24 tikus Wistar Jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok yang semuanya diberikan tindakan fraktur pada femur, yaitu kelompok K (kontrol) tidak diberikan induksi apapun, dan 3 perlakuan yang diberikan ekstrak kacang kedelai dengan 3 dosis (80 ml/kg BB, 100 ml/kg BB, 120 ml/kg BB). Lebar dari kalus yang terbentuk merupakan parameter penelitian ini. Data dianalisis dengan uji statistik Saphiro Wilk dan levene, kemudian dilanjutkan dengan uji Anova dan BNT. Hasil penelitian ini menunjukan ekstrak kacang kedelai memiliki pengaruh terhadap pembentukan kalus dimana sig(0,000) lebih kecil dari P-Value (0,05) dan antara dosis 100 ml/kg BB dengan dosis 120 ml/kg BB memiliki khasiat yang sama baik. Kata Kunci : Rattus Norvegicus, Fraktur, Kacang Kedelai, Kalus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) TERHADAP PEMBENTUKAN LEBAR KALUS PADA FRAKTUR TIBIA SECARA MAKROSKOPIS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR (ALEX KURNIAWAN GAN, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KEDELAI (GLYCINE MAXX (L) MERR) TERHADAP PEMBENTUKAN OSTEOBLAST DAN KADAR ALKALINE POSPHATASE PADA FRAKTUR TIBIA TIKUS PUTIH STRAIN WISTAR (DAYANK RAMADHANY, 2019)

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERR.) TERHADAP KADAR SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE DAN SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (NADYA PARAMITA SRG, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN SIMVASTATIN TERHADAP KADAR ALKALIN FOSFATASE SERUM DAN JUMLAH OSTEOBLAS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) STRAIN WISTAR FRAKTUR FEMUR DENGAN DISLIPIDEMIA (Dr. Andri Feisal Nasution, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy