//

IDENTIFIKASI MANGROVE DAN INDEKS NILAI PENTING MANGROVE DI SUNGAI KUALA BUBON KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Denny Afriadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mangrove dan mengetahui Indeks Nilai Penting (INP) mangrove di kawasan pesisir Aceh Barat. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei 2015 di kawasan pesisir Aceh Berat dengan 5 stasiun pengamatan, setiap stasiun dilakukan 5 kali pengulangan. Metode yang digunakan yaitu metode Purposive Sampling dengan menggunakan transek kuadrat ukuran 10 x 10 m² untuk kategori pohon, 5 x 5 m² untuk ukuran kategori anakan, dan 1 x 1 m² untuk ukuran kategori semai. Hasil penelitian menunjukkan identifikasi mangrove yang ditemukan pada lokasi penelitian terdiri atas 2 jenis yaitu: Rhizopora mucronata, Nypa frutican. Tipe pohon jenis Nypa fruticans mempunyai Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi pada stasiun ke 4 dengan nilai Indeks Nilai Penting (INP) sebesar 259,29%, diikuti dengan stasiun lainnya seperti 5, 3, 1 dan 2 miliki nilai Indeks Nilai Penting (INP) sebesar 255,62%, 240,3%, 223,17 dan 213,1%. Jenis Rhizophora mucronata dengan nilai Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi terdapat pada stasiun 2 dengan nilai sebesar 86.902% diikuti dengan stasiun 1, 3, 5 dan 4 dengan masing-masing nilai INP sebesar 76,832%, 59,7%, 44,337% dan 40,713% . Tipe anakan hanya terdapat pada stasiun 1, 2 dan 5 dan memiliki nilai Indeks Nilai Penting (INP) yang sama yaitu 300% karena hanya memiliki satu jenis mangrove untuk tipe anakan yaitu Rhizophora mucronata. Pada lokasi pengamatan tidak ditemukan mangrove tipe semai. Pertumbuhan mangrove tidak hanya dipengaruhi oleh faktor fisik dan kimia tetapi juga dipengaruhi oleh keadaan morfologi tanaman. Kata kunci: Aceh Barat, Mangrove, Kerapatan, Indeks Nilai Penting (INP).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI EPIFAUNA BENTIK EKOSISTEM MANGROVE DI GAMPONG KUALA BUBON KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (ahmad afrizal, 2016)

POPULASI UDANG DI KAWASAN MANGROVE KUALA KEUDE KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Safrina, 2015)

IDENTIFIKASI MANGROVE DAN INDEKS NILAI PENTING MANGROVE DI SUNGAI KUALA BUBON KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Denny Afriadi, 2016)

BIOTA YANG BERASOSIASI DENGAN MANGROVE DI SUNGAI GAMPONG TANJONG KERAMAT KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG (Heru Triyanda, 2016)

PERAN HUTAN MANGROVE TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN DI KABUPATEN ACEH BARAT PROVINSI ACEH (Rahmad Hidayat, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy