//

PEMETAAN KAWASAN RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI DAERAH ALIRAN SUNGAI DELI PROVINSI SUMATERA UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EFRIANSES F.H. SINAGA - Personal Name
SubjectFLOODS - SOCIAL SERVICE
GEOGRAPHY INFORMATION SYSTEMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi disuatu daerah atau kawasan yang dilalui oleh aliran sungai. DAS Deli merupakan DAS di Provinsi Sumatera Utara dengan luas 47.298,01 Ha. Secara administrasi DAS Deli berada pada 3 (tiga) Kabupaten yaitu Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan. Banjir yang sering terjadi salah satunya penyebabnya adalah akibat kerusakan DAS Deli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memetakan kawasan rawan banjir di DAS Deli. Metode pada penelitian ini secara umum menggunakan analisis deskriptif yang dibagi ke dalam beberapa tahapan yaitu; pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan penyampaian hasil penelitian. Analisis pengskoringan dan pembobotan dari parameter-parameter rawan banjir antaralain kemiringan lahan, ketinggian tempat, tutupan lahan, tekstur tanah, permeabilitas/drainase, tutupan lahan, curah hujan. Penelitian ini menggunakan sistem informasi geografis untuk menentukan dan memetakan kawasan rawan banjir. Hasil akhir dari penelitian ini adalah peta kawasan banjir di DAS DELI dengan berdasarkan tingkat kerawanan banjirnya terbagi menjadi lima kelas yaitu tidak rawan/aman (2.267,01 Ha/4,79%),rawan rendah(5.952,17 Ha/12,58%), menengah (15.923,45 Ha/33,67%), tinggi 11.767,29 Ha/24,88%) dan sangat tinggi (11.388,08 Ha/24,08%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WEBGIS DAERAH RAWAN BANJIR DI WILAYAH KABUPATEN ACEH TAMIANG MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS API (Nisa Adilla Rahmatika, 2016)

KAJIAN KAWASAN RAWAN BANJIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KLUET DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Ruspiadi, 2018)

PENGGUNAAN METODE WEIGHTED OVERLAY UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR DI KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (Roby Arnando, 2020)

ANALISIS PEMETAAN KAWASAN RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Muhammad Sani, 2016)

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN PENGETAHUAN STAFF AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH) (Mazarini, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy