//

PENANAMAN SIKAP SOSIAL OLEH GURU PKN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 2,8 DAN 9 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rismawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Sikap Sosial, Proses Pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang: Penanaman Sikap Sosial Oleh Guru PKn Melalui Proses Pembelajaran Di SMP Negeri Kota Banda Aceh (Suatu Penelitian di SMP Negeri 2, 8 dan 9 Kota Banda Aceh). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman sikap sosial oleh guru PKn melalui proses pembelajaran di SMP Negeri Kota Banda Aceh, (2) Apa saja kendala yang dihadapi guru PKn dalam penanaman sikap sosial di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penanaman sikap sosial oleh guru PKn melalui proses pembelajaran di SMP Negeri Kota Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PKn dalam penanaman sikap sosial di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, subjek dalam penelitian ini 5 orang guru PKn dari 3 SMPN Kota Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru menggunakan metode dan model pembelajaran yang dapat memunculkan sikap sosial seperti metode diskusi, tanya jawab, role playing, simulasi, dan demonstrasi, serta model pembelajaran seperti jigsaw, NHT, Make a Match, debat, PBL, pembiasaan dan keteladanan, dalam hal ini guru meminta siswa untuk memperagakan sikap sosial yang menjadi indikator pembelajaran dan menjelaskan pentingnya sikap tersebut, (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan sikap sosial melalui proses pembelajaran yaitu kendala yang dihadapi dari perbedaan karakter siswa, dan kendala dalam perencanaan meliputi perumusan indikator dari sikap sosial, penggunaan dan pemilihan metode dan model pembelajaran, serta dalam menyusun alat evaluasi untuk menilai tingkat keberhasilan dari penanaman sikap sosial. Disarankan kepada guru agar mempelajari lebih dalam mengenai penanaman sikap sosial dalam proses pembelajaran, kepada siswa diharapkan dapat menginternalisasi sikap sosial yang dibimbing dan diarahkan oleh guru, kepada pemerintah agar mengadakan pelatihan yang lebih efektif kepada para guru khususnya mengenai penanaman sikap sosial dalam proses pembelajaran, dan kepada peneliti lanjutan yang berkaitan dengan sikap sosial agar dapat mengkaji lebih dalam untuk mengungkapkan hal-hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 03 KOTA BANDA ACEH (DESI MAHARA REZEKI, 2018)

KEMAMPUAN DAN DISIPLIN GURU SERTIFIKASI PADA SMP NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH PADA SMP NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH (SYARIFUDDIN, 2014)

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 DAN MA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH. (Eva Murtisal, 2016)

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH (Yuni Zuhera, 2016)

KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI SD NEGERI 14 KOTA BANDA ACEH (Munawwarah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy