//

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DISFUNGSI EREKSI PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.Syahrul Rozi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Disfungsi ereksi merupakan salah satu masalah yang muncul pada pasien PGK yang menjalani Hemodialisis (HD). Lama HD merupakan salah satu faktor yang berperan dalam disfungsi ereksi pada pasien HD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama HD dengan disfungsi ereksi pada penderita PGK di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross- sectional dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Data lama HD didapatkan dari buku registrasi pasien HD di Instalasi dialisis RSUDZA dan disfungsi ereksi diukur dengan mengunakan International Erectile Function Questionnaire-5 (IIEF-5). Total pasien pada penelitian berjumlah 38 pasien. Hasil uji Wilcoxon menunjukan terdapat hubungan antara lama HD dengan disfungsi ereksi pada penderita PGK yang menjalani HD (p-value = 0,021 dan α= 0,05). Risiko disfungsi ereksi pada pasien PGK yang telah menjalani HD ≥ 12 bulan (68,4%) lebih tinggi dibandingkan pasien yang menjalani HD > 3-11 bulan (22,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara lama hemodialisis dengan disfungsi ereksi pada penderita PGK di RSUDZA Banda Aceh. Kata kunci : Penyakit Ginjal Kronik (PGK), Hemodialisis (HD),Disfungsi ereksi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DISFUNGSI EREKSI PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (M.Syahrul Rozi, 2016)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN LAMA TERAPI HEMODIALISIS PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) NONDIABETIK DENGAN KEJADIAN RESTLESS LEGS SYNDROME (Alfin Radhian, 2015)

HUBUNGAN LAMA WAKTU HEMODIALISIS PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN STATUS GIZI DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizkya Ika Fadilla, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy