//

PERBEDAAN STATUS GIZI LANSIA YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG DENGAN LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Wulan Tika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Status gizi merupakan keseimbangan antara makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan kebutuhan tubuh akan zat gizi tersebut. Jika keseimbangan tersebut terganggu dan jika berlangsung lama akan timbul masalah yang dikenal dengan gizi kurang dan gizi lebih. Salah satu pemeriksaan untuk menilai status gizi pada lansia adalah Mini nutritional assessment (MNA). Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan status gizi lansia yang tinggal di Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang dengan lansia yang tinggal bersama keluarga di Desa Lamglumpang. Penelitian ini menggunakan Metode Studi perbandingan (comparative study) dengan desain cross-sectional dilaksanakan pada tanggal 5 September sampai 10 November 2015. Besar sampel adalah 75 orang yang terdiri dari 44 lansia di panti dan 31 lansia di keluarga yang dikumpulkan secara total sampling. Pengukuran Status gizi menggunakan MNA. Hasil penelitian di dapat lansia yang tinggal di panti dengan nutrisi baik sebanyak 38,6%, resiko malnutrisi 43,2%, dan malnutrisi 18,2%. Sedangkan lansia yang tinggal bersama keluarga dengan nutrisi baik sebanyak 71%, resiko malnutrisi 22,6%, dan malnutrisi 6,5%. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa lansia yang tinggal di panti memiliki perbedaan status gizi dengan lansia yang tinggal bersama keluarga (p = 0,005). Kesimpulan status gizi lansia yang tinggal bersama keluarga lebih baik dari status gizi lansia yang tinggal di panti.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUHAIRA F, 2014)

PERBANDINGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MUHAMMAD RIZAL, 2016)

PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTI WERDHA UPTD RUMOH SUJAHTERA GEUNASAH SAYANG DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG BANDA ACEH (Rifai Alamsyah Harahap, 2014)

STUDI KOMPARATIF SUCCESSFUL AGING PADA LANSIA TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH DENGAN LANSIA TINGGAL BERSAMA MASYARAKAT DI DESA LUBUK SUKON (Dara Mubshirah, 2015)

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy