//

HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriana Anwar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Merokok merupakan sebuah fenomena yang membudaya dan cukup kompleks di masyarakat. Kompleksitas dari kebiasaan merokok berdampak bagi kesehatan, ekonomi, sosial,dan politik. Kualitas hidup seseorang dipengaruhi oleh berbagai macam kebiasaan, diantaranya dapat dipengaruhi oleh faktor sosiodemografi, status merokok dan perilaku merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara merokok dengan kualitas hidup pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah 64 mahasiswa laki-laki di Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala yang memenuhi kriteria inklusi dengan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kualitas hidup ditentukan dengan menggunakan kuesioner Short Form-36 (SF-36). Dari kuesioner didapatkan data mahasiswa perokok aktif dengan kualitas hidup buruk 8 orang (57,1%), mahasiswa perokok aktif dengan kualitas hidup baik 6 orang (42,9%), mahasiswa yang tidak merokok dengan kualitas hidup buruk 7 orang (14,0%), dan mahasiswa yang tidak merokok dengan kualitas hidup baik 43 orang (86,0%). Data kemudian dianalisis dengan uji statistik Fisher’s. Hasil analisis data menggunakan uji Fisher’s dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan nilai p = 0,002. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara merokok dengan kualitas hidup pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala. Kata kunci : merokok, kualitas hidup, mahasiswa kedokteran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA MEROKOK DAN TIDAK MEROKOK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Berlian Miza, 2016)

HUBUNGAN ANTARA MEROKOK DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SANDO P MALAU, 2017)

HUBUNGAN ANTARA DERAJAT MEROKOK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Zilda Hazen, 2016)

DAMPAK KARIES GIGI PADA KUALITAS HIDUP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sattaria Ladiba, 2015)

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Aidil Fiqri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy