//

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN PARITAS DENGAN INKONTINENSIA URIN PADA PEREMPUAN LANJUT USIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Ulfah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Inkontinensia urin merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai pada lanjut usia yang terjadi sekitar 50% pada perempuan berusia lanjut. Risiko inkontinensia urin meningkat pada perempuan dengan indeks massa tubuh berlebih dan angka paritas yang tinggi. Setiap kenaikan 5 unit IMT berhubungan dengan kenaikan sekitar 20-70% kejadian inkontinensia urin. Angka paritas yang tinggi juga diduga menjadi faktor kausatif terhadap kejadian inkontinensia urin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dan paritas dengan inkontinensia urin pada perempuan lansia. Populasi penelitian ini adalah seluruh perempuan lansia yang tinggal di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang, Banda Aceh dengan perolehan besarnya sampel adalah 35 orang yang diambil secara total sampling. Penelitian dilaksanakan pada 28 September sampai 10 Oktober 2015 melalui metode studi analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Dari hasil penelitian, kelompok umur terbanyak adalah kelompok 60-74 tahun (65,7%). Sebanyak 14,3% lansia memiliki berat badan berlebih, 25,7% obesitas I dan 8,6% obesitas morbid. Berdasarkan riwayat persalinan, 22,9% termasuk multipara dan 25,7% grandemultipara. Inkontinensia urin terjadi pada 54,3% lansia. Berdasarkan hasil analisis Mann-Whiney didapatkan hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dengan inkontinensia urin pada lansia (p value 0,000 (α = 0,05); IK 95%) dan paritas tidak berhubungan dengan inkontinensia urin pada perempuan lansia (p value 0,056). Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dan inkontinensia urin. Namun tidak terdapat hubungan antara paritas dengan inkontinensia urin pada perempuan lansia. Kata kunci: Inkontinensia urin, indeks massa tubuh, paritas, perempuan lansia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

HUBUNGAN KEHILANGAN GIGI TERHADAP STATUS GIZI USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Fenisulya Dewi, 2015)

GAMBARAN PENGLIHATAN LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ARIEF MUNANDAR, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (fadhlianur, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy