//

PERBEDAAN COPING STRESS PADA GURU SMA NEGERI YANG TERAKREDITASI A DI KOTA BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhaiyat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Guru sebagai individu yang bergerak dalam bidang pendidikan tentunya memiliki tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab tersebut yang dapat menjadi penyebab munculnya stres. Untuk itulah guru diharapkan mampu menghadapi dan mengatasi stres yang dialami dengan menggunakan strategies coping. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi coping stress adalah jenis kelamin, dimana laki-laki dianggap lebih mampu menghadapi stres dengan melihat sumber masalah, sedangkan perempuan dianggap lebih mampu menghadapi stres dengan melibatkan emosionalnya. Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan coping stress pada guru SMA Negeri yang terakreditasi A di kota Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Pengambilan sampling menggunakan teknik insidental sampling dan memiliki karakteristik sampel dengan rentang usia 23-59 tahun, dengan masa bekerja 1-35 tahun. Pengambilan data menggunakan skala coping stress yaitu Ways of Coping yang disusun berdasarkan teori Lazarus & Folkman (1984) terhadap 50 guru laki-laki dan 50 guru perempuan yang mengajar di SMA Negeri yang terakreditasi A di kota Banda Aceh. Analisis data menggunakan teknik parametrik, Independent Samples t-test dan diperoleh nilai p sebesar 0,068 (P>0,05). Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan coping stress pada guru SMA Negeri yang terakreditasi A di kota Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin namun tidak signifikan dimana guru laki-laki lebih dominan menggunakan problem focus coping daripada emotional focus coping, sedangkan guru perempuan menggunakan kedua strategi tersebut secara bersamaan. Kata kunci: coping stress, guru SMA Negeri, akreditasi A, jenis kelamin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT STRESS DAN MEKANISME KOPING GURU DALAM MENGHADAPI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BANDA ACEH (RIFKA AMNA, 2018)

HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN STRATEGI COPING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK PENDERITA TALASEMIA BETA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RINA SYAFRITA, 2015)

HUBUNGAN STRES TERHADAP MEKANISME KOPING PADA LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (ULFA RIYANDHA, 2016)

PERBEDAAN SENSATION SEEKING PADA PENYELAM DI KOTA BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Rahmania, 2020)

HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DENGAN COPING STRESS DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PERANTAU DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Fathlul Jannah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy