//

KARAKTERISASI SIFAT MEKANIK DAN SIFAT FISIS PAPAN PARTIKEL DARI SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DENGAN PEREKAT POLIPROPILENA DAUR ULANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang karakterisasi sifat mekanik dan sifat fisis papan partikel dari serat tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dengan perekat polipropilena (PP) daur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi panjang serat TKKS terhadap sifat mekanik dan sifat fisis papan partikel. Untuk pembuatan papan partikel dilakukan dengan ukuran variasi panjang serat TKKS yaitu 0,5 cm, 1 cm, 1,5 cm dan polipropilena daur ulang dengan perbandingan komposisi TKKS:PP (% berat) yaitu 40:60 beserta coupling agent. Penempatan tipe serat yaitu serat pendek dengan tipe acak. Serat TKKS dan polipropilena daur ulang dilakukan pencampuran menggunakan ekstruder dan dicetak menggunakan Hot Press pada temperatur 170°C. Adapun pengujian sifat mekanik dan sifat fisis dilakukan berdasarkan acuan standar SNI 03-2105-2006. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi panjang serat TKKS mempengaruhi sifat mekanik dan sifat fisis pada papan partikel. Nilai rata-rata uji sifat mekanik untuk nilai uji kuat lentur dan uji kuat impak telah memenuhi standar SNI 03-2105-2006. Nilai kuat lentur yang dihasilkan berkisar 207,440-334,763 kgf/cm2 dan hasil uji sampel kuat impak tidak retak pada saat pembebanan. Sedangkan hasil modulus elastisitas masih belum memenuhi standar dengan nilai yang dihasilkan berkisar 6002,425-8387,338 kgf/cm2. Nilai rata-rata uji sifat fisis yaitu uji kerapatan telah memenuhi standar SNI 03-2105-2006 yang dihasilkan berkisar 0,765-0,893 gr/cm3. Kata kunci : Papan Partikel, Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS), Polipropilena (PP) Daur Ulang, Sifat Mekanik, Sifat Fisis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PAPAN PARTIKEL DARI JERAMI PADI DAN LIMBAH PLASTIK ( POLIPROPILENA DAUR ULANG) (NURUL FITRI, 2019)

PENGARUH VARIASI KOMPOSISI JERAMI PADI DAN POLIPROPILENA TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN FISIS PAPAN PARTIKEL (Ismatur Rahmi, 2019)

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN KOMPOSISI TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN PARTIKEL AMPAS TEBU (Devi Ramadhanti, 2020)

STUDI SIFAT MEKANIK PAPAN PARTIKEL JERAMI DENGAN MENGGUNAKAN PEREKAT RESIN EPOKSI (QURATUL AINI, 2018)

PENINGKATAN KUALITAS BRIKET ARANG TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DENGAN MENGGUNAKAN PEREKAT ALGAE COKLAT (ANA DEWITA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy