//

PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GENOTIPE PADI (ORYZA SATIVA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Ricki Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil beberapa genotipe padi Turunan Padi Cantik Manis. Penelitian ini dilaksanakan di Samahani Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar, yang berlangsung mulai bulan November 2011 sampai dengan Maret 2012. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 galur turunan Cantik Manis, 1 (satu) varietas aromatik yaitu KDML 105, 1 (satu) varietas unggul nasional (Ciherang) dan satu varietas lokal Aceh (Cantik Manis), pupuk anorganik (Urea, KCl, dan NPK), alkohol, bakterisida, dan insektisida. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 8 perlakuan genotipe, dan masing-masing diulang 3 kali, sehingga terdapat 24 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan memiliki 10 sampel. Genotipe digunakan terdiri atas 5 galur turunan padi Cantik Manis yaitu: XXY 57-2, XXY 57-3, XXY 57-4, NFY 256-3 dan NFY 256-3, satu varietas aromatik yaitu KDML 105, satu Lokal Aceh Cantik Manis dan satu varietas unggul nasional Ciherang. Peubah-peubah yang diamati meliputi tinggi tanaman dan jumlah anakan padi umur 2, 3, 4, 5, dan 6 minggu setelah tanamn (MST), umur berbunga, umur panen, panjang malai, bobot 1000 butir gabah, persentase gabah berisi per rumpun, persentase gabah kosong per rumpun, berat gabah berisi per rumpun, berat gabah per plot, dan potensi hasil per hektar. Terdapat perbedaan pertumbuhan seperti tinggi tanaman dan jumlah anakan dari delapan genotipe padi yang diuji cobakan. Tinggi tanaman yang sesuai didapati dari genotipe XXY57-4 yang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah, sedangkan anakan terbanyak pada umur 6 minggu setelah tanam dijumpai pada NFY 256-3. Dari delapan genotipe padi yang diuji cobakan, genotipe padi XXY57-2 , NFY256-3 dan NFY256-4 merupakan genotipe padi yang baik untuk dibudidayakan di Provinsi Aceh karena memiliki potensi hasil tertinggi (6,97 ,6,96 dan 6,84 ton/ha) dan relatif lebih tahan terhadap hama tikus sawah (Rattus argentiventer Rob dan Kloss).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PAPARAN LOGAM BERAT TIMBAL (PB) TERHADAP KADAR KLOROFIL DAN STRUKTUR ANATOMI TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (CHAIRUNNISA, 2018)

EKSPLORASI BAKTERI ENDOFIT SEBAGAI PENGHASIL HORMON IAA DARI AKAR TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (PUTRIANI, 2019)

PEMBUATAN PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE DARI KOMPOSIT ABU SEKAM PADI-LATEKS-KITOSAN DAN UJI EFEKTIVITAS PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (Fera Muzdalifah, 2018)

PERUBAHAN MORFO-AGRONOMIS TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA KONDISI KEKERINGAN (Risdayanti, 2016)

RESPON GENOTIPE PADI MUTAN M3 (ORYZA SATIVA L.) HASIL RADIASI SINAR GAMMA TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN PADA SISTEM BUDIDAYA ORGANIK (DEWI JUNITA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy