//

OPTIMASI PROSES EKSTRAKSI GELATIN DARI LIMBAH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aisyah Aida Renika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gelatin umumnya digunakan dibidang pangan, farmasi, kosmetik serta fotografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasikan kondisi proses ekstraksi gelatin untuk menghasilkan rendemen yang tinggi dan kuliatas yang sesuai standar dari limbah ikan nila. Metode yang digunakan untuk optimasi adalah Response Surface Methodology. Adapun variabel bebas penelitian ini ditetapkan pada level (-α, -1, 0, +1, +α) yaitu dengan faktor konsentrasi (N) larutan NaOH (0,58, 0,75, 1, 1,25, 1,42), konsentrasi (N) larutan HCl (0,08, 0,25, 0,5, 0,75, 0,92) dan suhu (oC) ekstraksi (33,2, 40, 50, 60, 66,8). Keseluruhan data tersebut di screening menggunakan progam Design Expert sehingga menghasilkan 20 percobaan kondisi ekstraksi. Adapun respon yang dianalisis adalah rendemen, kekuatan gel, viskositas, pH, kadar air, kadar abu, kapasitas busa dan aktivitas emulsi. Respon yang dioptimalkan adalah rendemen, kekuatan gel dan aktivitas emulsi. Adapun prediksi kondisi ekstraksi optimum yang diperoleh adalah perlakukan perendaman alkali (NaOH) 0,77 N, asam (HCl) 0,59 N dan suhu ekstraksi 66,79oC dengan rendemen 9,4%, kekuatan gel 127,36 g dan aktivitas emulsi 26,96 m2/g. Kata kunci : Gelatin Ikan, Limbah ikan nila, Response Surface Methodology.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI KONDISI EKSTRAKSI GELATIN DARI TULANG DAN KULIT IKAN LEUBIM HITAM (CHANTHIDERMIS MACULATA) (Suji Edwar, 2016)

PENGARUH JENIS GELATIN DARI KULIT DAN TULANG IKAN (LEUBIM (CANTHIDERMIS MACULATA) DAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)) SERTA KONSENTRASI GLISEROL DAN SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM (EVI HARDIANTI, 2017)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

PRE-TREATMENT EKSTRAKSI GELATIN DARI LIMBAH KULIT IKAN TUNA UNTUK OPTIMASI PRODUKSI GELATIN HALAL (SYAFINA ASRA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy