//

HUBUNGAN PEMASANGAN FIKSASI PADA FRAKTUR TULANG PANJANG DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN PASCA BEDAH ORTOPEDI DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dara octaviani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stres yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kerusakan fisik, seperti keterlambatan penyembuhan tulang pada fraktur tulang. Salah satu penatalaksanaan fraktur tulang bersifat operatif adalah fiksasi internal. Pembedahan dapat menjadi stresor bagi penderita fraktur. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah penderita fraktur tulang panjang yang telah dilakukan tindakan pemasangan fiksasi internal di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh diambil secara accidental sampling sebanyak 32 orang. Data yang diambil adalah data tingkat stres dengan menggunakan kuesioner DASS-42 kategori stres. Pasien terdiri dari laki-laki 24 orang (75%) dan perempuan 8 orang (25%). Berdasarkan lokasi pemasangan fiksasi internal, ekstremitas atas 12 orang (37,5%) dan ekstremitas bawah 20 orang (62,5%). Berdasarkan tingkat stress,tidak mengalami stres 19 orang (59,4%), ringan 7 orang (21,9%), sedang 6 orang (18,8%), berat dan sangat berat 0 orang (0%). Uji Bivariat menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan hubungan antara pemasangan fiksasi pada fraktur tulang panjang dengan tingkat stres (p 0,004). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemasangan fiksasi pada fraktur tulang panjang dengan tingkat stres pada pasien pasca bedah ortopedi di RSUDZA Banda Aceh dan pasien dengan pemasangan fiksasi internal pada ekstremitas bawah memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan pasien dengan pemasangan fiksasi internal pada ekstremitas atas. Kata kunci: Fiksasi internal, Stres, Fraktur, Ekstremitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENCUCIAN NATRIUM KLORIDA DENGAN TAMBAHAN GENTAMISIN TERHADAP PENCEGAHAN INFEKSI LUKA OPERASI PADA PASIEN FRAKTUR TERBUKA TULANG PANJANG DERAJAT II DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. M. Andri Mulia, 2019)

GAMBARAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA BEDAH FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (selvia nazar wati, 2016)

KEMAMPUAN SELF-CARE BERDASARKAN TEORI OREM PADA PASIEN RNFRAKTUR EKTREMITAS DENGAN PEMASANGAN FIKSASI DI RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUNRN2014 (Mahardika Yuharsyah, 2014)

PENGARUH EKSTRAK TEMPE TERHADAP PERTUMBUHAN KALUS PADA PASIEN FRAKTUR FEMUR DI BANDA ACEH (dr. Joko Siswanto, 2018)

PENENTUAN INDEKS ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG RAWAT INAP BEDAH ORTOPEDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Devi Safrina, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy