//

PENGARUH TOKOH AGAMA TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK USIA 1-5 TAHUNDI KECAMATAN DARUSSALAM, KABUPATENACEH BESAR, TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIAN ZARINA RAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Imunisasi merupakan program efektif untuk mengurangi angka kematian anak yang masih tinggi. Angka cakupan imunisasi di Indonesia belum mencapai target UCI (Universal Child Immunization) akibat berbagai faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam tindakan kesehatan atau imunisasi ini adalah adanya acuan dari pribadi yang dipercayai, seperti tokoh agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tokoh agama (aspek emosional dan informasional) terhadap kelengkapan imunisasi dasar anak usia 1-5 tahun. Dengan metode analitik observasional dan rancangan cross sectional, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2012- Februari 2013 di Kecamatan Darussalam. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berdasarkan wawancara dengan ibu/orangtua yang mempunyai anak berusia 1-5 tahun. Sampel berjumlah 208 responden yang terpilih dengan teknik cluster sampling. Data dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara pengaruh tokoh agama dan kelengkapan imunisasi dasar, baik dari aspek emosional (p=0,460) maupun dari aspek informasi (p=0,636). Ditemukan data bahwa penyebab terbanyak tidak lengkapnya imunisasi dasar anak adalah rasa takut orang tua akan timbulnya sakit pada anak pasca imunisasi. Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar dan Puskesmas Darussalam untuk meningkatkan upaya promosi kesehatan mengenai imunisasi dengan melibatkan tokoh agama dan melakukan evaluasi kelengkapan imunisasi anak yang menyeluruh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (OCTAVINA SUSANTI, 2021)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN ORANGTUA DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI LANJUTAN PADA ANAK SD NEGERI 24 BANDA ACEH (SHELLA JOBIWARMA CHANIAGO, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR (jawahir syahputra, 2015)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy