//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI MUNARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

v ABSTRAK Kata Kunci : PTK, Listening Team, Film Animasi, Hasil Belajar, Geografi Model pembelajaran kooperatif listening team bertujuan melibatkan mental siswa secara maksimal, membangun suasana dialogis serta proses tanya jawab terus menerus yang diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berfikir siswa untuk memperoleh pengetahuan yang mereka konstruksi sendiri. Penerapan model pembelajaran kooperatif listening team lebih inovatif karena dalam pelaksanaannya ditambahkan penggunaan media film animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran listening team berbantuan media film animasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar soal; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Lembar respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 19 siswa menjadi 24 siswa yang tuntas belajar, persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 60% menjadi 90%; (2) Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus II telah mencerminkan penerapan model pembelajaran listening team berbantuan media film animasi. Terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Dari 11 aktivitas, diperoleh 6 aktivitas yang sudah sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan untuk aktivitas guru dan siwa, sementara pada siklus kedua aktivitas guru maupun aktivitas siswa sudah mengalami perubahan lebih baik dan sudah dikatagorikan sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran listening team berbantuan media film animasi meningkat dari perolehan skor rata-rata 2,66 dengan katagori baik menjadi 3,33 dengan katagori baik; dan (4) Respon siswa, terhadap model pembelajaran listening team berbantuan media film animasi dapat dikatakan baik. 92 persen dari 26 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui pembelajaran kooperatif listening team berbantuan media film animasi siswa dapat memahami materi pelajaran yang telah mereka ikuti.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII-5 SMPN 7 BANDA ACEH (Ulviana, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA (Dini Ayunda, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE LISTENING TEAM DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Miftahul Izzati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy