KAJIAN JENIS DAN KELIMPAHAN TERUMBU KARANG DI KAWASAN PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KAJIAN JENIS DAN KELIMPAHAN TERUMBU KARANG DI KAWASAN PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Fajar Oza Pratama - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1111101010098

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan kelimpahan terumbu karang yang meliputi keanekaragaman, keseragaman, dominansi dan kelimpahan pada Seawall dan estuaridi Pantai Ulee Lheue Kota Banda Aceh, kecamatan Meuraxa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2015 menggunakan metode sistematik sampling, pengambilan data terumbu karang dilakukan pada 10 plot yang mewakili ekosistem Seawall (5 plot pada bagian luar Seawall dan 5 plot pada bagian muara. Setiap plot dilakukan 11 kali pengulangan. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan transek 50 m dan transek kuadrat. Jenis terumbu karang yang ditemukan pada sisi luar Seawall Pantai Ulee Lheue terdiri dari 9 jenis, yaitu Acropora, Pocillopora, Helliopora, Porites, Montastrea Galaxea, Favia, Ecinophiliya dan Pavona. Sedangkan di perairan estuariterumbu karang terdiri dari 8 jenis yaitu Chypastrea, Porites, Montastrea, Pavona, Leptastrea, Favia, Favites dan Galaxea. Genus paling dominansi pada luar Seawall setiap plot adalah genus dari Acropora sebesar 50% dan Pocillopora sebesar 39%. Sedangkan pada perairan estuari ditemukan paling dominansi genus Cypastrea sebesar 48%. Komposisi ukuran paling banyak di temukan dari kedua lokasi berukuran 0-5 cm. Indeks keanekaragaman (H’) rata-rata berkisar antara 2,2 dan 2,3, indeks keseragaman (E) berkisar antara 0,6 dan 0,7, indeks dominansi (C) berkisar antara 0,25 dan 0,28, indeks kelimpahan (K) berkisar antara 2,0 dan 0,5. Keanekaragaman terumbu karang di kategorikan stabil. Tingkat pertumbuhan hidup juga dikategorikan tinggi.

Kata kunci: Pantai Ulee Lheue, Seawall, kelimpahan, terumbu karang

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK