//

KAJIAN JENIS DAN KELIMPAHAN TERUMBU KARANG DI KAWASAN PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fajar Oza Pratama - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan kelimpahan terumbu karang yang meliputi keanekaragaman, keseragaman, dominansi dan kelimpahan pada Seawall dan estuaridi Pantai Ulee Lheue Kota Banda Aceh, kecamatan Meuraxa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2015 menggunakan metode sistematik sampling, pengambilan data terumbu karang dilakukan pada 10 plot yang mewakili ekosistem Seawall (5 plot pada bagian luar Seawall dan 5 plot pada bagian muara. Setiap plot dilakukan 11 kali pengulangan. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan transek 50 m dan transek kuadrat. Jenis terumbu karang yang ditemukan pada sisi luar Seawall Pantai Ulee Lheue terdiri dari 9 jenis, yaitu Acropora, Pocillopora, Helliopora, Porites, Montastrea Galaxea, Favia, Ecinophiliya dan Pavona. Sedangkan di perairan estuariterumbu karang terdiri dari 8 jenis yaitu Chypastrea, Porites, Montastrea, Pavona, Leptastrea, Favia, Favites dan Galaxea. Genus paling dominansi pada luar Seawall setiap plot adalah genus dari Acropora sebesar 50% dan Pocillopora sebesar 39%. Sedangkan pada perairan estuari ditemukan paling dominansi genus Cypastrea sebesar 48%. Komposisi ukuran paling banyak di temukan dari kedua lokasi berukuran 0-5 cm. Indeks keanekaragaman (H’) rata-rata berkisar antara 2,2 dan 2,3, indeks keseragaman (E) berkisar antara 0,6 dan 0,7, indeks dominansi (C) berkisar antara 0,25 dan 0,28, indeks kelimpahan (K) berkisar antara 2,0 dan 0,5. Keanekaragaman terumbu karang di kategorikan stabil. Tingkat pertumbuhan hidup juga dikategorikan tinggi. Kata kunci: Pantai Ulee Lheue, Seawall, kelimpahan, terumbu karang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KERUSAKAN TERUMBU KARANG DENGAN KELIMPAHAN BULU BABI (DIADEMA SETOSUM) DI ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Vathia, 2016)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

PERSENTASE TUTUPAN KARANG DI PANTAI ULEE KAREUNG KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN (Iman Zewanto, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS REKRUTMEN KARANG PADA SEAWALL DI PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (Putra Maulana, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS AVERTEBRATA AIR INVASIF PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI KKPD PISISI SIMEULUE (YAYANG RIFKA PUTRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy