//

PENGANGGURAN DI PEDESAAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN SOSIAL STUDI KASUS : DI GAMPONG GUDANG KECAMATAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Qudsi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengangguran merupakan masalah makroekonomi yang mempengaruhi manusia secara langsung dan merupakan masalah yang paling berat. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pertumbuhan industri di kota-kota besar menciptakan kesempatan kerja yang baru, sementara teknologi dibidang pertanian yang menghemat tenaga kerja semakin mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja pedesaan sehingga tercipta pengangguran. Penelitian ini untuk mencari tahu penyebab terjadinya pengangguran dan mengetahui dampak pengangguran terhadap perekonomian masyarakat. maka tujuannya yaitu untuk mengetahui mengapa terjadi pengangguran dan bagaimana dampak pengangguran terhadap perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif di mana yang menjadi informan dalam pengangguran di pedesaan ini yaitu, pengangguran, tokoh masyarakat desa, keluarga pengangguran. informan penelitian diperoleh dengan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara mendalam terhadap informan baik secara lisan maupun wawancara terstruktur, observasi pada lokasi penelitian dan analisis dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran di Gampong Gudang yaitu karena tidak pedulinya masyarakat khususnya pemuda untuk memberdayakan sumber daya yang ada di daerahnya serta terfokusnya pada kerjaan m usiman. Dalam hal ini mayoritas penduduknya miskin atau kurang mampu sehingga tidak sanggup melanjutkan pendidikan anak-anaknya ke perguruan tinggi sehingga sangat sulit bersaing dengan para lulusan sarjana untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Kata kunci : Pengangguran, Tokoh masyarakat desa, Strategi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PROGRAM PEMBANGUNAN GAMPONG TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MISKIN DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zakie Abdillah, 2021)

STUDI ETNOMATEMATIKA PENENTUAN MUSIM KEGIATAN PERTANIAN TRADISIONAL ACEH (Lestari Bunga Puspa, 2019)

PENGANGGURAN DI PEDESAAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN SOSIAL STUDI KASUS : DI GAMPONG GUDANG KECAMATAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. (Nur Qudsi, 2016)

PERKEMBANGAN DAYAH KHAZANATUL HIKAM BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ABDYA) TAHUN 1986-2014 (Nora Mustika, 2016)

EKSISTENSI TRADISI MEUROH DI GAMPONG ALUE TRIENGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Khairil Anwar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy