//

ANALISIS KETERGANTUNGAN MASYARAKAT TERHADAP BANTUAN PASCA BENCANA (STUDI KASUS DI GAMPONG UMONG SERIBEE, KECAMATAN LHOONG, KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulfa Mauizah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bencana Tsunami yang terjadi 11 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 mengakibatkan masyarakat mengalami kerugian dalam segala aspek, baik itu dari segi moril maupun materiil hal inilah yang akhirnya mengundang simpati banyak pihak untuk memberikan bantuan. Namun nyamannya situasi pada masa menerima bantuan dimana untuk memenuhi kebutuhan, bantuan dengan instan bisa didapatkan, membuat masyarakat ketergantungan terhadap bantuan. Penelitian ini bermaksud ingin mengatahui cara masyarakat melihat bantuan dan memanfaatkannya melalui berbagai tindakan yang mereka lakukan, serta mengetahui seberapa besar pengetahuan, tindakan dan minat bekerja serta harapan masyarakat terkait bantuan yang di terima. Sehingga berpengaruh terhadap pemanfaatan bantuan yang optimal dan dapat memberikan manfaat berkelanjutan. Dari hal tersebut dapat dilihat sejauh mana masyarakat ketergantungan terhadap bantuan pasca bencana tsunami. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan mengenai objek penelitian atau masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan (field research), serta menggunakan analisis teori Tindakan Sosial Max Weber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan bantuan oleh masyarakat belum optimal, sehingga masyarakat masih bergantung terhadap bantuan, dengan tingkat ketergantungan rata-rata sebesar 51%. fakta yang ditemukan di lapangan adalah bergantungnya masyarakat terhadap bantuan berhubungan dengan tidak optimalnya pemanfaatan bantuan oleh masyarakat yang dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu pasca tsunami dimana bantuan berlimpah, sehingga mempengaruhi minat dalam bekerja dan harapan untuk menerima bantuan kembali. Adapun saran yang dapat diberikan kepada masyarakat terkait dengan ketergantungan terhadap bantuan pasca bencana yaitu secara keseluruhan perlu ditingkatkan minat bekerja dan semangat untuk membangun kreatifitas, sehingga masyarakat dapat membangun secara berkelanjutan. Kata Kunci : Ketergantungan, bantuan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETERGANTUNGAN MASYARAKAT TERHADAP BANTUAN PASCA BENCANA (STUDI KASUS DI GAMPONG UMONG SERIBEE, KECAMATAN LHOONG, KABUPATEN ACEH BESAR) (Ulfa Mauizah, 2016)

JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK PERAWATAN KESEHATAN MASA KEHAMILAN DAN PASCA PERSALINAN OLEH MASYARAKAT KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (RISKA MAULIDAR, 2020)

KAJIAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DESA TANGGUH BENCANA DI GAMPONG PAYATIENG KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Ariyani, 2018)

PEMBERDAYAAN EKONOMI PASCA TSUNAMI (STUDI KOMUNITAS DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (Marlina, 2021)

LIFE RECOVERY PASCA TSUNAMI ACEH 2004: TINJAUAN SOSIAL DAN EKONOMI (STUDI KASUS MASYARAKAT KORBAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH) (Bustami Zakaria, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy