//

KEJADIAN CENTRAL LINE ASSOCIATED BLOODSTREAM INFECTION (CLABSI) DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ramadani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Infeksi nosokomial masih menjadi masalah serius dalam upaya keselamatan pasien selama perawatan di rumah sakit. Salah satu infeksi nosokomial yang sering terjadi adalah Central Line Associated Bloodstream Infection (CLABSI). Pada penelitian sebelumnya menunjukkan angka kejadian CLABSI di RSUDZA pada tahun 2013 sebesar 9,57/1000 hari pemakaian kateter vena central. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kejadian dan jenis bakteri penyebab CLABSI di RSUDZA Banda Aceh tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan survei. Sampel penelitian ini adalah semua pasien pengguna kateter vena sentral di Intensive Care Unit (ICU) RSUDZA. Pasien yang ditemukan tanda-tanda klinis sebagai CLABSI dilakukan pemeriksaan kultur darah untuk mengetahui bakteri penyebabnya. Hasil penelitian ini mendapatkan 80 pasien yang menggunakan kateter vena sentral dalam periode Maret sampai Agustus 2015 dengan lama masa rawat 606 hari, 4 orang diantaranya didiagnosis CLABSI. Angka kejadian CLABSI di RSUDZA Banda Aceh didapatkan 6,6 per 1000 hari pemakaian kateter vena sentral. Jenis bakteri penyebab CLABSI adalah Acinetobacter baumanii (50%), Pseudomonas aeruginosa (25%) dan Klebsiella pneumonia (25%). Hasil ini menunjukkan bahwa angka kejadian CLABSI di RSUDZA Banda Aceh sudah menurun dibanding yang sebelumnya. Kata Kunci: Angka Kejadian, Infeksi Nosokomial, Central Line Associated Bloodstream Infection

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEJADIAN CENTRAL LINE ASSOCIATED BLOODSTREAM INFECTION DI RUANG RAWAT INTENSIF RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khairunnisa, 2016)

KEJADIAN CENTRAL LINE ASSOCIATED BLOODSTREAM INFECTION DI RUANG RAWAT INTENSIF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khairunnisa, 2014)

HUBUNGAN KEBIASAAN MAKAN DENGAN RISIKO TERJADINYA TONSILITIS KRONIK PADA PENDERITA DI POLIKLINIK THTRN RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2015 (Mugi Widhi Putri Ningsih, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU PENGGUNAAN LENSA KONTAKRNDENGAN KEJADIAN INFEKSI MATA PADA MAHASISWARNFAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITASRNSYIAH KUALA BANDA ACEH RNTAHUN 2015 (CUT IKLIMA, 2015)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN DERAJAT INFEKSI VIRUS DENGUE PADA ANAK (DWI ULIYANTI HASIAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy