//

GAMBARAN FAKTOR RISIKO PERILAKU PENULARAN HIV/AIDS PADA LAKI-LAKI BELUM MENIKAH BERDASARKAN ORIENTASI SEKSUAL DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Fadhun - Personal Name

Abstrak/Catatan

Human Immunodefisiensi Virus (HIV) dan Aquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan salah satu masalah kesehatan global. Di Indonesia kasus HIV/AIDS sudah banyak ditemukan salah satunya adalah di Kota Banda Aceh. Salah satu faktor penularan HIV/AIDS yang utama adalah faktor perilaku seksual seperti partner seks yang banyak, anal seks dan tidak memakai kondom dalam melakukan aktivitas seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor risiko perilaku seksual terhadap penularan HIV/AIDS pada laki-laki dengan orientasi seks heteroseksual, biseksual, dan homoseksual di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Seluruh populasi pada penelitian adalah laki-laki dengan umur 18 tahun ke atas dan tinggal di Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki homoseksual memiliki perilaku risiko tertinggi penularan HIV/AIDS pada perilaku anal seks (96,96%), laki-laki heteroseksual perilaku tertingginya adalah tidak memakai kondom saat melakukan hubungan seks (34,21%) dan tidak melakukan tes HIV/AIDS (41,67%) sedangkan laki-laki biseksual perilaku tertingginya pada perilaku jumlah patner lebih dari satu dalam melakukan hubungan seksual (96,7%). Kesimpulan penelitian adalah tertularnya HIV/AIDS pada setiap orientasi seks dapat melalui semua faktor risiko perilaku seksual walaupun terdapat perbedaan dalam perilaku seksual berisiko pada setiap orientasi seks.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR RISIKO PENULARAN HIV/AIDS AKIBAT HUBUNGAN SEKS DAN PENGGUNAAN JARUM SUNTIK DI PROVINSI ACEH (Masriyani, 2019)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA EMERGING ADULTS DIMEDIASI OLEH PERILAKU SEX-TEXTING (SEXTING) (SIDDIEQ AL AMIEN, 2021)

TINGKAT PELECEHAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN (Melly Ellysa, 2020)

KOPING STRES PADA REMAJA YANG MENIKAH KARENA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KABUPATEN BENER MERIAH (Patimah Binti, 2015)

HUBUNGAN KADAR CD4 TERHADAP KEJADIAN INFEKSI OPORTUNISTIK PADA PASIEN HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS (HIV)/ ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME (AIDS) SEBELUM TERAPI ANTIRETROVIRAL (ARV) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Niko Ferdian, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy