//

PERBANDINGAN METODE AVERAGE LINKAGE DAN METODE K-MEANS DALAM PENGELOMPOKAN INDIKATOR PENDIDIKAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muzdhalifah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembangunan merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kemajuan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan kabupaten/kota berdasarkan indikator pendidikan, serta membandingkan kedua metode tersebut dengan menggunakan nilai rasio simpangan baku. Metode yang digunakan adalah metode average linkage dan K-Means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rasio simpangan baku untuk jenjang pendidikan SD/MI pada metode average linkage dan K-means memiliki nilai yang sama yaitu 0,1746, sehingga kedua metode tersebut memiliki kinerja yang baik. Sedangkan nilai rasio simpangan baku untuk jenjang pendidikan SMP/MTs dan SMA/SMK/MA pada metode average linkage memiliki nilai yang lebih kecil yaitu 0,0947 dan 0,2020 dibandingkan dengan metode K-Means yaitu 0,1305 dan 0,2581, sehingga metode average linkage memiliki kinerja yang lebih baik dari metode K-Means. Kata kunci: Indikator pendidikan, Rasio simpangan baku, Average Linkage, K-Means.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA MENGGUNAKAN NILAI UJIAN NASIONAL SMA/MA JURUSAN IPS DI INDONESIA TAHUN 2015 MENGGUNAKAN METODE COMPLETE LINKAGE DAN K-MEANS CLUSTERING (Khairul Amri, 2018)

ANALISA PENGELOMPOKAN PENUNGGAKAN PEMBAYARAN LISTRIKRN(STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO),CABANG RNMERDUATI BANDA ACEH) (Khusnul Azima, 2015)

PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA MENGGUNAKAN ANALISIS GEROMBOL PADA INDIKATOR PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL DI PROVINSI ACEH (Putri Kesuma, 2016)

ANALISIS DISKRIMINAN DALAM MENENTUKAN FUNGSI PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA BERDASARKAN INDIKATOR INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (LYRA ORNILA, 2017)

CLUSTERING TIME SERIES ANALYSIS UNTUK MENGELOMPOKKAN KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA BERDASARKAN NILAI INFLASI (AULIA SAHPUTRA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy