//

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS PADA EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI BARAT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAJIR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Makrozoobenthos memiliki fungsi sebagai bioindikator kualitas suatu perairan dan sebagai pengurai unsur hara yang terdapat pada substrat ekosistem mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur stuktur komunitas makrozoobenthos yang hidup pada ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai barat Aceh Besar. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Mei 2015. Metode yang digunakan untuk menentukan stasiun adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 4 stasiun yang mewakili daerah dengan kriteria berbeda: Stasiun 1 di Pulau Nasi, stasiun 2 di Leupung, stasiun 3 di Gampong Lambadeuk dan stasiun 4 di Gampong Lamteh. Metode transek kuadrat 1m x 1m digunakan untuk analisa makrozoobenthos. Makrozoobenthos yang ditemukan sebanyak 38 jenis yaitu Gastropoda (78,95%), Crustacea (7,89%) dan Bivalvia (13,16%). Kepadatan makrozoobenthos tertinggi pada stasiun 4 (Lamteh) dengan kepadatan 210 ind/m2 dan terendah pada stasiun 2 (Leupung) dengan kepadatan 58 ind/m2. Keanekaragaman makrozoobenthos tertinggi terdapat pada stasiun 1 (Lamteng) yaitu 3,93 dengan kategori tinggi, keseragaman tertinggi pada stasiun 1 (Lamteng) yaitu 0,87 dengan kategori stabil dan dominansi tertinggi pada stasiun 3 (Lambadeuk) yaitu 0,55 dengan kategori sedang. Indeks similaritas tertinggi terdapat pada stasiun 3 dan 4 yaitu 33%. Kata kunci: Aceh Besar, Makrozoobenthos, Mangrove,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS PADA EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI BARAT ACEH BESAR (MUHAJIR, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOSRNYANG BERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE RNDI PERAIRAN KUALA LANGSA RNKOTA LANGSA (MUHADHIR, 2015)

KONSERVASI EKOSISTEM MANGROVE DAN ASOSIASI DENGAN MAKROZOOBENTHOS DI KAWASAN KRUENG REULENG KECAMATAN LEUPUNG LABUPATEN ACEH BESAR (AFKAR, 2014)

STUDI STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG GOSONG TELAGA KABUPATEN ACEH SINGKIL (Amri sadri manik, 2017)

HUBUNGAN KERAPATAN SPESIES MANGROVE DENGAN KEPADATAN MAKROZOOBENTHOS DI SUNGAI REULEUNG LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (ARI FIRNANDA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy