//

APLIKASI MODEL PROGRAM LINIER INTEGER PADA PENGOPTIMALAN PRODUKSI BLOK BETON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Furqan Nur - Personal Name

Abstrak/Catatan

Suatu perusahaan dituntut untuk memaksimalkan pendapatan atau meminimalkan biaya produksi. Optimasi produksi diperlukan suatu perusahaan untuk menentukan jumlah dan jenis barang yang diproduksi dikarenakan adanya keterbatasan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuannya. Perusahaan memproduksi stok produk berdasarkan jumlah penjualan bulan sebelumnya, keputusan yang diambil masih kurang efektif karena masih terdapat sumber daya yang belum dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah optimal produksi dan sumber daya yang terpakai sehingga dapat mencapai keuntungan yang maksimal dengan keterbatasan sumber daya yaitu bahan baku, waktu, dan batas jumlah produksi. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah produksi adalah pemrograman linear bilangan bulat (integer linear programming) dengan pendekatan algoritma Branch and Bound. Penelitian dilakukan pada perusahaan CV. Nibo Corporation yang bergerak di bidang industri produksi paving block dan batako. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa perhitungan integer programming menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan dengan selisih Rp.10.457.675. Kata kunci: Program linier integer, Branch and Bound, Optimasi produksi, CV. Nibo Corporation

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI MODEL PROGRAM LINIER INTEGER PADA PENGOPTIMALAN PRODUKSI BLOK BETON (Furqan Nur, 2016)

OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI BUBUK KOPI PADA UD. SYR MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Mistahul Jannah, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PROGRAM LINIER INTEGER DALAM MENGOPTIMALKAN KEUNTUNGAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUND (STUDI KASUS CV. NOZY JUICE BANDA ACEH) (Bayu Ary Sandi, 2017)

KAJIAN PENJADWALAN PERKULIAHAN SISTEM POST-ENROLLMENT DALAM IMPLEMENTASI ALGORITMA INTEGER PROGRAMMING 0 DAN 1 (STUDI KASUS PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNSYIAH) (REZA AULIA, 2018)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN DINDING BLOK BETON SEGMENTAL DIPERKUAT GEOGRID PADA LONGSORAN JALAN MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 2D VERSI 8.6 (STUDI KASUS RUAS JALAN PROVINSI MEULABOH-GEUMPANG KM 84) (Rahmatal Ambiya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy