//

PENGARUH PENGGUNAAN SEKAT HORIZONTAL DALAM KETEL PENYULING PADA PENYULINGAN MINYAK JAHE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDA HASMITA - Personal Name
SubjectGINGER
DISTILLATION-CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas program studi magister teknik kimia
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PENGARUH PENGGUNAAN SEKAT HORIZONTAL DALAM KETEL PENYULING PADA PENYULINGAN MINYAK JAHE ABSTRAK Pengambilan minyak jahe dengan berbagai teknik penyulingan telah banyak dikembangkan. Penelitian ini melakukan teknik penyulingan minyak jahe menggunakan sekat horizontal. Adapun variabel-variabel proses yang dilakukan yaitu ukuran lebar sekat (3 cm, 5 cm, dan 7 cm), jumlah sekat (0, 1, dan 2), berat bahan baku (20 kg, 40 kg, dan 60 kg), serta waktu penyulingan terhadap rendemen minyak jahe. Dalam penelitian ini dilakukan juga proses penyulingan tanpa sekat sebagai pembanding. Proses ekstraksi digambarkan secara matematis menggunakan model difusi unsteady. Rendemen tertinggi diperoleh pada penyulingan menggunakan sekat 7 cm ganda (0,116%) hampir 2 (dua) kali lebih besar daripada proses penyulingan tanpa sekat, pada kondisi berat bahan baku 20 kg. Koefisien korelasi linier rata-rata yang diperoleh pada kondisi terbaik 0,967. Hasil analisis sidik ragam dengan GC-MS menunjukkan kandungan zingiberene dalam minyak jahe untuk penyulingan menggunakan sekat dan tanpa sekat adalah 3,54% dan 2,16%. Hasil analisa mutu menunjukkan minyak jahe hasil penelitian memenuhi persyaratan mutu SNI minyak jahe No. 06-1312-1998.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS DAN BIAYA DISTILASI MINYAK NILAM DARI KETEL DRUM BEKAS DAN DARI KETEL STAINLESS STEEL DI KABUPATEN ACEH SELATAN (TOMI MUKHTAR, 2020)

ANALISA KUALITAS MINYAK NILAM DENGAN VARIASI JENIS KETEL SULING DAN BAHAN YANG DISULING (YUSMADI, 2016)

KAJIAN PENGKONDISIAN BAHAN BAKU TERHADAP MUTU MINYAK ATSIRI JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE ROSC.) (HASMAYANI, 2016)

PENGARUH PENAMBAHAN NATRIUM BENZOAT DAN MINYAK ATSIRI JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) SEBAGAI BAHAN PENGAWET TERHADAP KUALITAS IKAN TUNA(THUNNUS SP) KALENG (Rahmah Thaiyibah, 2016)

KAJIAN PEMBUATAN HERBS INFUSED WATER DENGAN VARIASI PERBANDINGAN JUMLAH DAN JENIS DARI JAHE (ZINGIBER OFFICINALE), KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANII) DAN LEMON (CITRUS LIMON) (DINDA KHALIDASARI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy